Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cinematherapy Untuk Meningkatkan Empati Siswa SMA Negeri 1 Malo

Isi Artikel Utama

Zeti Novitasari
Vesti Dwi Cahyaningrum
Yunita Dwi Setyoningsih
Hintang Susilo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok dengan teknik cinematherapy untuk meningkatkan empati siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah pre eksperiment dengan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo Tahun Ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan melalui instrumen empati. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon untuk membandingkan nilai pre test dan post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa empati siswa kelas X SMA Negeri 1 Malo sebelum diberikan perlakuan dengan teknik cinematherapy berada pada kategori rendah dengan presentase 60,36% dan setelah diberikan perlakuan dengan teknik cinematherapy mengalami peningkatan menjadi kategori tinggi dengan presentase rata-rata 91,08%, perbandingan antara hasil presentase siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan rata-rata 30,72%. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test, artinya bimbingan kelompok teknik cinematherapy efektif dalam meningkatkan empati terhadap siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Asih, G. Y., & Pratiwi, M. M. S. (2010). Perilaku Prososial Ditinjau Dari Empati Dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, I(1), 33–42. http://eprints.umk.ac.id/268/1/33-42.PDF

Davis, M. H., Hull, J. G., Young, R. D., & Warren, G. G. (1987). Emotional Reactions to Dramatic Film Stimuli: The Influence of Cognitive and Emotional Empathy. Journal of Personality and Social Psychology, 52(1), 126–133. https://doi.org/10.1037/0022-3514.52.1.126

Deonna, J. A. (2007). The structure of empathy. Journal of Moral Philosophy, 4(1), 99–116. https://doi.org/10.1177/1740468107077385

Fadhilah Aisyah Zakiyah. (2007). MENINGKATKAN EMPATI MELALUI TEKNIK EXPRESSIVE WRITING PADA IMPROVEMENT OF EMPHATY TROUGH EXPRESSIVE WRITING ON STUDENT JUNIOR. 160–174.

Hariyadi, S., Wijayanti, P., & Herdiyanto, R. H. A. (2019). Hambatan Cinema Therapy Sebagai Layanan Konseling di Sekolah. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 4(3), 266. https://doi.org/10.28926/briliant.v4i3.324

merdeka.com. (2019). Kronologi Lengkap Kasus Siswa Tantang Guru Honorer Karena Ditegur Saat Merokok. https://www.merdeka.com/peristiwa/kronologi-lengkap-kasus-siswa-tantang-guru-honorer-karena-ditegur-saat-merokok.html diakses pada tanggal 25 februari 2021

Niva, H. (2016). Multilake River System Operation Rules. Psikologi Pendidikan & Konseling, 2(HY9), 41–48. https://doi.org/10.1061/jyceaj.0003734

Normanita, R. W., Kurniawan, K., & Nusantoro, E. (2018). Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cinematherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 1–7.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta. Sutanto, Tri. 2015. “Efektivitas Teknik Modeling untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK Universitas Ahmad Dahlan”. Jurnal Psikologi dan Konseling. Vol. 1 Nomor 1, 188-198

Sun&Hui. 2011. Building social support for adolescents with suicidal ideation: implication for school guidance and counseling. British Journal of Guidance And Counseling. 35(3), 299 – 316.