Rational Emotive Behavior Therapy dan Konseling Islami: Studi Eksperimen untuk Mereduksi Perilaku Pornografi Siswa

Isi Artikel Utama

Hari Utami Dewi
Budi Purwoko
Najlatun Naqiyah

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan perlakuan konseling kelompok REBT, konseling kelompok REBT dan konseling Islami, serta konseling kelompok konvensional. Bertujuan Menguji perbedaan keefektifan antara ketiga kelompok perlakuan untuk menurunkan perilaku pornografi bagi siswa SMA Negeri 1 Sumenep. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Experimental, terdapat kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel menggunakan purposive sampling yakni peserta didik yang memiliki skor pornografi tergolong tinggi pada skala pornografi sebesar 22 siswa yang dibagi dengan 3 kelompok perlakuan. Instrumen penelitian adalah  kuesioner yang telah divalidasi, didukung oleh sumber data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Anova satu jalur, metode uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, dan uji homogenitas menggunakan Test of Homogeneity of Variances.  Hasil uji normalitas berdistribusi normal yakni tergolong parametrik, hasil uji homogenitas semua kelompok adalah homogen, sedangkan hasil uji Anova  adanya perbedaan penurunan perilaku pornografi setelah mendapatkan perlakuan dibandingkan sebelum perlakuan,  perlakuan konseling kelompok REBT dikombinasikan dengan konseling Islami lebih efektif dari kedua perlakuan lainnya. Maka perilaku pornografi atau perilaku menyimpang  atau amoral, hendaknya direduksi dengan menggunakan metode dan teknik konseling yang efektif  untuk menyelesaikan masalah siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad, & Mansyur, A. . (2017). Problem solving berbasis konseling al qur’an. Journal Bimbingan Dan Konseling Islam, 8(1), 45–64.

Ardimen, A., Neviyarni, N., Firman, F., Gustina, G., & Karneli, Y. (2019). Model bimbingan kelompok dengan pendekatan muhasabah. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 278. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v8i2.223

Azrina, N., Azura Ab Rahman, N., Maaidah Tengku Razak, T. A., Nurul Akmal Ab Alim, N., Kamilah Kamaruddin, N., Lateh, N., & Hashim, N. (2021). Pornografi Dalam Kalangan Remaja Generasi Z Menurut Perspektif Islam Pornography Among Z Generation Adolescents From The Islamic Perspective. 8(2), 67–78.

Candiasa. (2011). Statistik Multivariant disertai Aplikasi SPPS. Undhiksha Press.

Castro-Calvo, J., Cervigón-Carrasco, V., Ballester-Arnal, R., & Giménez-García, C. (2021). Cognitive processes related to problematic pornography use (PPU): A systematic review of experimental studies. In Addictive Behaviors Reports (Vol. 13). https://doi.org/10.1016/j.abrep.2021.100345

Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. Brooks/Cole.

Dzaky, M. H. B. A.-. (2002). Konseling & Psikoterapi Islam. Fajar Pustaka Baru.

Gudnanto. (2015). Peran Bimbingan dan Konseling Islam Untuk Mencetak Generasi Emas. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.287

Hanin Hamjah, S., & Mat Akhir, N. S. (2014). Islamic Approach in Counseling. Journal of Religion and Health, 53(1), 279–289. https://doi.org/10.1007/s10943-013-9703-4

Hardani, R., Hastuti, D., & Yuliati, L. (2018). Self-Control and Pornography Behavior Among Junior High School Student. 03(01), 15–27. https://doi.org/10.2991/iconhomecs-17.2018.58

Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.

Kumar, P., Patel, V. K., Bhatt, R. B., Vasavada, D. A., Sangma, R. D., & Tiwari, D. S. (2021). Prevalence of Problematic Pornography Use and Attitude Toward Pornography Among the Undergraduate Medical Students. Journal of Psychosexual Health, 3(1), 29–36. https://doi.org/10.1177/2631831821989677

Laili, M. M., Puspitawati, H., & Yuliati, L. N. (2018). Is it Parental Communication, Self-Esteem, or Internet use that makes Pornography Behavior in Teenagers?(cases of pornography and porno-action). Journal of Child Development Studies, 3(1), 59-69.

Maisya, I. B., & Masitoh, S. (2020). Derajat Keterpaparan Konten Pornografi Pada Siswa Smp Dan Sma Di Dki Jakarta Dan Banten Indonesia. Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2), 117–126. https://doi.org/10.22435/kespro.v10i2.2463

Minarcik, J. (2017). Proposed treatment of problematic pornography use: A cognitive-behavioral approach. Dissertation Abstracts International: Section B: The Sciences and Engineering, 77(8-B(E)), No-Specified. http://ovidsp.ovid.com/ovidweb.cgi?T=JS&PAGE=reference&D=psyc14&NEWS=N&AN=2016-47717-167

Najati, M. U. (2005). Psikologi dalam Al-Qur‟ an Terapi Qurani dalam Penyembuhan Gangguan Kejiwaan, terjemah M. Zaka Al-Farisi. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nita, R. W. (2017). Strategi Mempersiapkan Generasi Emas Melalui Analisis Psikologis dan Studi Kolaboratif Antara Sekolah dan Keluarga tentang Perilaku Maladjusment Remaja. 1, 34–41.

Putry Andhyni, Tri Umar, & Z. S. (2021). Literature Study On The Use Of Rational Emotive Behavior Therapy For Adolescents. JUrnla Online Mahasiswa FKIP. Vol.8(2). 51-66. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/download/31147/30003

Riyadi, A. (2013). Zikir Dalam Al-Quran Sebagai Terapi Psikoneurotik (analisis terhadap Fungsi bimbingan dan konseling islam). KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 41. http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/1070/982

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Rumyeni, Evawani Elysa Lubis, N. Y. (2013a). Pengaruh Terpaan Pornografi di Media Massa Terhadap Perilaku Remaja di Kota Pekanbaru. November.

Sarjito. (2019). Dampak Pornografi Terhadap Kesehatan Reproduksi. RSUP Dr. Sarjito. https://sardjito.co.id/2019/03/30/rsup-dr-sardjito-bersama-fkkmk-ugm-gelar-seminar-sehari-dampak-pornografi-terhadap-kesehatan-reproduksi/

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d. 456.

Tadjri, I. (2009). MODEL KONSELING KELOMPOK RASIONAL-EMOTIF UNTUK MODIFIKASI KECENDRUNGAN PERILAKU NAKAL SISWA SMA ETNIS JAWA DI KOTA SEMARANG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##