Instrumen Perhatian Orang Tua dan Instrumen Perilaku Menyimpang Siswa SMP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mewujudkan skala psikologi perhatian orang tua dan perilaku menyimpang siswa di sekolah. Penelitian ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa data perhatian orang tua dan perilaku menyimpang siswa di sekolah sangat diperlukan bagi Guru BK dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling, disamping itu juga berguna untuk kepentingan kegiatan penelitian. Ketika di rumah mempunyai hubungan dengan perilaku menyimpang siswa di sekolah. Untuk mengetahui tingkat perhatian orang tua dan tingkat perilaku menyimpang siswa di SMP diperlukan instrumen berupa skala psikologis perhatian orang tua dan perilaku menyimpang siswa SMP. Prosedur pengembangan skala psikologi yang dilakukan secara singkat untuk mengetahui validitas dan reliabilitas Skala psikologi perhatian orang tua dan instrumen perilaku menyimpang siswa SMP. Berdasarkan perhitungan menggunakan korelasi product moment dan alpha cronbach diperoleh hasil untuk instrumen perhatian orang tua 56 item dinyatakan valid dengan reliabilitas sebesar 0.921 dan dalam kategori tinggi. Selanjutnya, untuk instrumen perilaku menyimpang siswa 35 item pernyataan dinyatakan valid dengan reliabilitas sebesar 0.902. Kesimpulan penelitian ini adalah diperolehnya produk akhir berupa Skala psikologi perhatian orang tua dan perilaku menyimpang siswa di sekolah yang valid dan reliabel.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Ansari F. 2020. Perilaku Menyimpang. (online). (http://id.wikipedia.org/w/index.php?title=perilaku_menyimpang&oldid=18390002). Diakses tanggal 22 Nopember 2020.
Arikunto, S. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: RinekaCipta.
Azwar, S. 2000. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borg, W.R. & Gall, M. D. 1983. Educational Research: An Introduction. London: Longman, Inc. Cohen, Bruce.
Brooks, J. 2011. The Process of Parenting.TerjemahanFajar, R. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Hurlock, E. B. 1998. Perkembangan Tingkah Laku Menyimpang Remaja. Surabaya: Pustaka Badia.
Ihsan, F. 2010. Dasar-dasar Kependidikan Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.
Irawati, E. D. 2016. Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SDN Guworejo 3 Tahun Ajaran 2015/2016. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muhid, A. Suhadiyanto. Nurhidayat, D. 2019. Pengembangan Alat Ukur Psikologi. Online. http://digilib.uinsby.ac.id/20022/1/Pengembangan%20Alat%20Ukur%20Psikologi.pdf. Diakses tanggal 28 Oktober 2021.
Priyanto, I. Bahari, Y. Parijo. Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X Pada SMA Negeri 1 Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. https://media.neliti.com/media/publications/194546-ID-perilaku-menyimpang-siswa-kelas-x-pada-s.pdf. Diakses tanggal 28 Oktober 2021.
Purwanto, N. 2011.Ilmu Pendidikan Praktis dan Teoritis. Banda Aceh: RemajaRosdaKarya.
Rahman, Y. N. 2016. Pengembangan Skala Psikologi Karir. Online. https://adoc.pub/queue/pengembangan-skala-psikologi-karir.html. Diakses Tanggal 28 Oktober 2021.
Rustianti, Musfah, J. Miranto, S. 2015. Pengaruh Perhatian Orangtua dan Lingkungan Sekolah terhadap Penyimpangan Perilaku Remaja di Sekolah Menengah Atas Swasta di Kecamatan Bekasi Timur Kota Bekasi. Tesis (online). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/2922. Diakses Tanggal 28 Okrober 2021
Sa’idah, N.K. Fajriyah, K. Cahyadi, F. 2019. Studi Kasus Perilaku Menyimpang Siswa Di SD Negeri Gayamsari 01. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, Vol. 2 No. 2, Juli 2019. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/17332
Sadulloh, U. 2010. Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Sarwono, S.W. Psikologi Sosial. Individu dan Teori-teori Prikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Shalahuddin, I. Asep, N. F., 2018. Hubungan Antara Siswa dari Keluarga Broken Home dengan Perilaku Menyimpang di SMA Ciledug Al-Musadaddiyah Garut. Jurnal Kesehatan Holistik. 12 (1):38-44. http://ejurnalmalahayati.ac.id
Suwendri, N. M., Sukiani, N. K. 2020. Penyimpangan Perilaku Remaja di Perkotaan. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa dan Budaya. Vol. 4, No. 2, Juli 2020, 51-59. Htpps://www.ejournal.warmadewa.ac.id.
Yusuf, S. 2001. Psikologi Kenakalan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.