Tingkat Academic Burnout Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19

Isi Artikel Utama

Dony Darma Sagita
Vriesthia Meilyawati

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan tingkat academic burnout mahasiswa FKIP selama masa pandemi COVID-19. Penelitian kuantitatif ini dijabarkan lebih lanjut dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 307 dari total 6.544 mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang kemudian diberikan angket yang terdiri dari 34 item. Berdasarkan hasil uji reliabilitas dengan menggunakan metode cronbach alpha diperoleh koefisien pada angket kejenuhan akademik sebesar 0,876. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif disertai kategorisasi untuk mengetahui tingkat academic burnout pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 100% mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA memiliki tingkat academic burnout yang rendah. Penelitian ini menyimpulkan rendahnya tingkat academic burnout mahasiswa FKIP didukung oleh rendahnya hasil analisis masing-masing sub variabel yang menjadi dimensi academic burnout itu sendiri yaitu kelelahan (76%), sinisme (63%), dan ketidakefektifan (61). %). Hasil penelitian juga menunjukkan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat academic burnout pada mahasiswa FKIP, antara lain: 1) beban kerja, 2) kontrol, 3) penghargaan, 4) komunitas, 5) keadilan, 6) nilai, 7) karakteristik demografis, 8) tingkat pendidikan, 9) kepribadian, 10) tingkat ketahanan, 11) locus of control, 12) gaya koping, dan 13) dukungan sosial.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Adnan, M., & Anwar, K. 2020. Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students’ perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 2(1), 45–51.

Argaheni, N. B. 2020. Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi COVID-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. PLACENTUM: Jurnal Ilmiah Kesehatan Dan Aplikasinya, 8(2), 99–108.

Arlinkasari, F., Akmal, S. Z., Behavior, P., Being, W., & Strength, C. 2017. Hubungan antara School Engagement , Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa Hubungan antara School Engagement , Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas, 1(2), 81–102.

Christiana, E. 2020. Burnout akademik selama pandemi covid 19. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Mengukuhkan Eksistensi Peran BK Pasca Pandemi Covid-19 Di Berbagai Setting Pendidikan. Surabaya. Universitas Negeri Surabaya.

Djalante, R., Lassa, J., Setiamarga, D., Sudjatma, A., Indrawan, M., Haryanto, B., Mahfud, C., Sinapoy, M. S., Djalante, S., Rafliana, I., Gunawan, L. A., Surtiari, G. A. K., & Warsilah, H. 2020. Review and analysis of current responses to COVID-19 in Indonesia: Period of January to March 2020. Progress in Disaster Science, 6, 1–9.

Dyrbye, L. N., Thomas, M. R., & Shanafelt, T. D. 2005. Medical student distress: Causes, consequences, and proposed solutions. Mayo Clin Proc, 80(12), 1613

Febriani, R. D., Hariko, R., Yuca, V., & Magistarina, E. 2021. Factors Affecting Student’s Burnout In Online Learning. Jurnal Neo Konseling, 3(3), 32–38.

Fun, L. F., Kartikawati, I. A. N., Imelia, L., & Silvia, F. 2021. Peran bentuk social support terhadap academic burnout pada mahasiswa Psikologi di Universitas “X” Bandung. MEDIAPSI, 7(1), 17–26.

Harahap, A. C. P., Harahap, D. P., & Harahap, S. R. 2020. Analisis Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Selama Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Covid-19. Biblio Couns : Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 10–14.

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & PH, L. 2020. Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 299–306.

Jiménez-Ortiz, J. L., Islas-Valle, R. M., Jiménez-Ortiz, J. D., Pérez-Lizárraga, E., Hernández-García, M. E., & González-Salazar, F. 2019. Emotional exhaustion, burnout, and perceived stress in dental students. Journal of International Medical Research, 47(9), 4251–4259.

Julika, S., & Setiyawati, D. 2019. Kecerdasan Emosional. Gadjah Mada Journal Of Psychology (GAMAJOP), 5(1), 50–59.

Khairani, Y., & Ifdil, I. 2015. Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208.

Khusumawati, Z. E., & Christiana, E. 2014. Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Instruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XI IPA 2 SMAN 22 Surabaya. Jurnal BK UNESA, 5(1), 1–10.

Listiyandini, R. A. 2017. Menjadi Mahasiswa Tangguh. Psychological, December, 1–3.

Livana, Mubin, & Basthomi, Y. (2020). Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. Jurnsl Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 203–208.

Margaretta, A., & Rozali, Y. A. 2018. Perbedaan Body Image Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Anggota Clark Hatch Fitness Center. Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul E-Journal, 903, 1–10.

Maslach, C., Schaufeli, W. B., & Leiter, M. P. 2001. Job Burnout. Annu. Rev. Psychol, 52, 397–422.

Maylani, P., & Kusdiyati, S. 2021. Pengaruh Resiliensi terhadap Academic Burnout Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. Prosiding Psikologi, 7(2), 374–380.

Muna, N. R. 2013. Efektifitas Teknik Self Regulation Learning. Holistik, 14(02), 57–78.

Ningsih, S. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132.

Oyoo, S. A., Mwaura, P. M., & Kinai, T. 2018. Academic Resilience As A Predictor Of Academic Burnout Among Form Four Students In Homa-Bay County, Kenya. International Journal of Education and Research, 6(3), 187–200.

Purba, J., Yulianto, A., & Widyanti, E. (2007). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Burnout Pada Guru. Jurnal Psikologi, 5(1), 77–87.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1–12.

Putri, T. H. (2020). Gambaran Burnout Pada Perawat Kesehatan Jiwa. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 3(2), 60–67.

Regina, A., Istiqomah, E., & Zwagery, R. V. 2019. Hubungan Strategi Coping yang berfokus pada Emosi dengan Burnout Belajar pada Mahasiswa Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat BanjarBaru. Jurnal Kognisia, 2(2), 7–12.

Schaufeli, W. B., Martínez, I. M., Pinto, A. M., Salanova, M., & Barker, A. B. 2002. Burnout and Engagement in University Students A Cross-National Study. Journal of Cross-Cultural Psychology, 33(5), 464–481.

Siregar, H. S., Sugilar, H., & Hambali, H. 2020. Merekonstruksi Alam dalam Kajian Sains dan Agama Studi Kasus pada Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Dampak Covid-19. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Bandung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, UIN Sunan Gunung Djati.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. 2020. World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 76, 71–76.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, S., & Azwar, A. G. 2020. Analisis Tingkat Kelelahan Pembelajaran Daring dalam Masa Covid-19 dari Aspek Beban Kerja Mental. Jurnal Techno-Socio Ekonomika, 13(2), 102–112.

Yang, H. J. 2004. Factors affecting student burnout and academic achievement in multiple enrollment programs in Taiwan’s technical-vocational colleges. International Journal of Educational Development, 24(3), 283–301.

Zhang, Y., Gan, Y., & Cham, H. 2007. Perfectionism, academic burnout and engagement among Chinese college students: A structural equation modeling analysis. Personality and Individual Differences, 43(6), 1529–1540.