Self-Instrusction Sebagai Teknik Alternatif Meningkatkan Kepercayaan Diri (Overt-Covert) Siswa SMP
Isi Artikel Utama
Abstrak
Buruknya konsep diri pada remaja salah satunya dapat dilihat dari adanya ketidakpercayaan diri. Siswa yang percaya diri yakin atas kemampuan diri serta memiliki pengharapan yang realistis.Tujuan penelitian eksperimen ini adalah mengurangi pengharapan tidak realistis dengan menggunakan teknik instruksi diri yang dapat mengarahkan siswa untuk mengontrol perilaku dan pemikiran-pemikiran negatif yang menimbulkan rendahnya rasa percaya diri (overt-covert). Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,042<0,05 yang dapat diartikan teknik self instruction dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Muhammadiyah 4 Singosari dengan taraf signifikan 5%. Penggunaan teknik self instruction sebagai alternatif teknik untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dimulai dari prosedur rasional, bimbingan diri sendiri, overt eksternal guidance, overt self guidance, faded overt self guidance, covert self guidance, dan homework.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Corey, G. 2007. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.
Cormier, L.J. & Cormier, L.S. 2009. Interviewing Strategies for Helpers. 7 ed. Montery, California: Brooks/Code Publishing Company.
Creswell, J.W. 2012. Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
De Angelish, B. 2005. percaya diri (Sumber Sukses Dan Kemandirian). Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Friedenberg, L. 1995. Psychological Testing, Design, Analysis and Use. Bacon.
Gael, L. 1997. Mendidik Anak Agar Percaya Diri. Jakarta: Arcan.
Hurlock, E. 2006. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Khusumawati, E. 2014. Penerapan Kombinasi Antara Teknik Relaksasi Dan Self-Intruction Untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas XII Ipa 2 SMA 22 Surabaya, Jurnal UNESA (online) (http://ejournal.unesa.ac.id/13033//article.pdf, diakses tanggal 22 Oktober 2019).
Meichenbaum, D. & Biemiller, A. 2008. Nurturing Independent Learners. United States: Cambridge Mass.
Prasetya. 2014. Membangun rasa percaya diri anda. Jogjakarta: CV Flasbook.
Purnama , A. 2012. efektivitas teknik self instruction untuk mereduksi kecemasan menghadapi ujian. Tesis Tidak Diterbitkan: Universitas Pendidikan Indonesia (Online) (http://lib.ui.ac.id/19305/1/1301408016.pdf, diakses tanggal 24 November 2019).
Ormrod, J.E. 1995. Educational Psychology Principles and Aplications. New Jersey, Prentice Hall.
Slavin, R. E. 1997. Educational Psychology-Theory and Practice. Fourth Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.
Supriyo. 2008. Studi Kasus bimbingan konseling. Semarang: CV Nieuw Setapak.
Vygotsky. 2003. Educational Theory in Cultural Context. Cambridge Universty press.
Winkel,W.S.2006. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Edisi Revisi. Yogyakarta: Media Abadi.