PERILAKU, KARAKTERISTIK, PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH DI EKS KARISIDENAN KEDIRI

Main Article Content

Ary Permata Deny

Abstract

Abstrak
Penelitian ini merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran Bank
Syariah. Peran Bank Syariah dalam memacu pertumbuhan perekonomian daerah semakin strategis dalam
rangka mewujudkan perekonomian yang semakin berimbang. Pemahaman dan sosialisasi terhadap
masyarakat tentang produk dan sistem perbankan syariah di Indonesia masih sangat terbatas. Secara khusus
tujuan penelitian ini adalah : 1) Menguji pengaruh Perilaku masyarakat terhadap Bank Syariah; 2) Menguji
pengaruh karakteristik masyarakat terhadap Bank syariah; 3) Menguji pengaruh persepsi masyarakat
terhadap Bank Syariah.
Populasi penelitian ini meliputi 4 kabupaten/kota di wilayah Kediri, dengan kriteria bahwa pada masingmasing

daerah tersebut beroperasi kedua tipe bank (bank konvensional dan bakn syariah), yaitu : Kota
Nganjuk, Kota Blitar, Kota Tulungagung, Kota Kediri. Sampel penelitian ini terdiri dari empat cluster : yaitu
nasabah bank konvensional, nasabah bank syariah, nasabah bank syariah dan konvensional, dan non
nasabah. Jumlah kuesioner yang didistribusikan berjumlah 150 set yang disebarkan langsung oleh
surveyor pada lokasi yang terpilih.

Penelitian ini menganalisis data secara berganda yang meliputi analisis deskriptif dan
analisis  kuantitatif.
Analisis  deskriptif  diperlukan  guna  untuk menjelaskan  atau menjawab masalah yang pertama, bahwa
fenomena sosial dan ekonomi bisa dipakai
sebagai dasar atau landasan berpijak dalam rangka membuat
atau merumuskan suatu kebijakan yang berkaitan dengan upaya pengembangan perbankan syariah,
khususnya di daerah penelitian. Sedangkan  metode  kuantitatif,  diperlukan  untuk  menjawab  masalah
kedua,
ketiga,  dan ke  empat  dalam studi  ini.    Analisis metode kuantitatif yang dimaksud adalah analisis
Faktor dan dilanjutkan ke analisis Logit/Probit.
Hasil penelitian menunjukkan :1) Perilaku, karakteristik dan persepsi masyarakat secara bersama-sama
(simultan) berpengaruh terhadap perkembangan Bank Syariah di Karesidenan Kediri, 2) Perilaku
masyarakat berpengaruh positif/didukung terhadap perkembangan Bank Syariah di Karesidenan Kediri, 3)
Karakteristik masyarakat berpengaruh positif/didukung terhadap perkembangan Bank Syariah di
Karesidenan Kediri, 4) Persepsi masyarakat tidak berpengaruh/tidak didukung terhadap perkembangan
Bank Syariah di Karesidenan Kediri.

Kata Kunci : Perilaku, Karakteristik, Persepsi, Bank Syariah


Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Deny, A. P. (2015). PERILAKU, KARAKTERISTIK, PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANK SYARIAH DI EKS KARISIDENAN KEDIRI. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/172
Section
Artikel
Bookmark and Share