Keberadaan dan Kompetensi Tenaga Kependidikan di SMA Negeri Sekabupaten Blitar

Main Article Content

Puguh Santoso

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberadaan dan kompetensi Tenaga Kependidikan di SMA Negeri sekabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan metode evaluasi dengan model discrepancy. Responden penelitian berjumlah 45 orang, terdiri dari 3 Kepala Tenaga Administrasi Sekolah; 18 Tenaga Administrasi Sekolah dan 24 petugas layanan khusus. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut:  (1) Keberadaan Kepala Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri sekabupaten Blitar masih belum memadai (43,86%) namun kualifikasi akademiknya sudah memadai (S.1 dan S.2) serta memiliki sertifikat; (2) Keberadaan Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri sekabupaten Blitar belum memadai (39,98%) namun kompetensi sudah memadai (72,22%); (3) Keberadaan petugas layanan khusus  di SMA Negeri sekabupaten Blitar sudah memadai walaupun masih berstatus PTT (66,67%) dengan kompetensi yang sudah memadai (60%).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Santoso, P. (2018). Keberadaan dan Kompetensi Tenaga Kependidikan di SMA Negeri Sekabupaten Blitar. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 5(2), 53-60. https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13061
Section
Artikel

References

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). (2006). Naskah Akademik Standar Pengelolaan Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Administrasi Sekolah/Madrasah.
Sukirman, Hartati dkk. 2007. Administrasi dan Supervisi Penddikan. Yogyakarta : UNY Press.
Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahjosumidjo. 1999. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta : PT raja Grafindo Persada.
-----------, 2007. Peran Kepala Tata usaha Dalam Mendukung Keberhasilan Sekolah. Artikel Jurnal.