Analisa Pengaruh Kecepatan Produksi Terhadap Gramatur Pembuatan Kertas

  • Ramadhani Alfian Prasetyo Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Haris Mahmudi Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 558 , pdf downloads: 1544
Keywords: gramatur, kecepatan, kertas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan dari gramatur terhadap proses pembuatan kertas. Penelitian ini penting kraena gramatur atau tebal berpengaruh kualitas kertas. Hal ini dikarenakan kualitas merupaka kunci utama produksi agar dipercaya konsumen. Data adalah data primer pada saat proses pembuatan kertas. Gramatur awal 125 gsm dan kecepatan awal 290 menit. Kemudia dilakukan pengujian perhitunga gramatur dan kecepatan yang menentukan kualitas kertas. Seperti berapa gramatur yang di perlukan untuk produksi kertas. Hasil yang didapat semakin tinggi gramatur semakin lambat kecepatan untuk produksi pada kertas dan jika semakin rendah gramatur kecepatan mesin akan semakin cepat , tapi akan ber pengaruh pada hasil produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dewi Sinta, F. N. (2021). Angkasa Jurnal Ilmia Bidang Teknlogi. Analisa pengaruh refiner time terhadap quality tissue (studi banding di PT Pindo Deli pulp and papaer mills 2), 27-36.

Enda Apriani1), J. A. (2019). PEMBUATAN KERTAS DAUR ULANG DARI LIMBAH SERAT KELAPA MUDA. Prosiding Konferensi Nasional Engineering Perhotelan X – 2019 (242-247), 243-247.

Parjanto, S. .. (2014). ANALISA PROSES PRODUKSI KERTAS CORE UNTUK MENGURANGI SHEET BREAK/KERTAS PUTUS DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DI PT PAPERCH INDONESIA SUBANG, 36.

wardhana, w. d., & amos, p. (2020). Analisa Kuat Tarik Pada Kertas Berbahan Dasar. JURNAL FATEKSA: Jurnal Teknologi dan Rekayasa, 47-48.

PlumX Metrics

Published
2021-12-31
How to Cite
[1]
R. A. Prasetyo and H. Mahmudi, “Analisa Pengaruh Kecepatan Produksi Terhadap Gramatur Pembuatan Kertas”, JMN, vol. 4, no. 2, pp. 108-113, Dec. 2021.