Perbaikan dan pemeliharaan mesin disc mill bongkol jagung

  • Adhan Efendi Politeknik Negeri Subang
  • roni suhartono Politeknik Negeri Subang
Abstract views: 1139 , PDF downloads: 4888
Keywords: Disc Mill, Perbaikan, Perawatan

Abstract

Pembuatan pakan ternak ruminansia terdiri dari dedak, ampas kecap, mineral, urea, garam dan limbah bongkol jagung. Limbah bongkol jagung diolah menjadi partikel yang lebih kecil menggunakan mesin disc mill. Mesin disc mill milik kelompok ternak Budi Asih mengalami kerusakan pada bearing dan sabuk v-belt. Penelitian ini bertujuan untuk membantu dalam proses perbaikan dan pemeliharaan mesin disc mill tersebut. Metode pengambilan data dilakukan melalui dokumentasi kemudian data diolah secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alat dan bahan yang digunakan dalam proses perbaikan mesin disc mill adalah tool box lengkap (kunci ring dan pas), WD-40, tang, palu, obeng plus dan min, gerinda, mata gerinda, tracker, jangka sorong, mistar, minyak gemuk, oli, kain majun, dan amplas halus; (2) Langkah-langkah perbaikan bearing dan sabuk v-belt pada mesin disc mill adalah membuka pengunci mesin bagian depan, memisahkan pisau pemotong dan saringan dari rumah mesin disc mill, melepaskan sabuk v-belt dan mur pengunci, melepaskan poros engkol dengan menggunakan palu, gunakan traker untuk melepaskan puli dan bearing, ukur diameter bearing menggunakan jangka sorong, amati kerusakan pada poros engkol dan bearing, berikan oli pelumas pada poros engkol, ganti bearing se-tipe yang baru, pasang kembali bearing ke poros engkol, berikan minyak gemuk pada bearing, pasang kembali poros engkol ke mesin disc mill, pasang kembali pisau pemotong dan saringan, kendorkan mur dan pasang kembali sabuk v-belt yang baru, langkah terakhir bersihkan mesin dengan kain majun; dan (3) Perencanaan perawatan mesin melalui validasi ahli, perawatan yang dipilih yaitu perawatan bulanan dengan metode ISMO.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

roni suhartono, Politeknik Negeri Subang

Jurusan Pemeliharaan Mesin

References

Wahyudin, dkk., “ Respons tanaman jagung (Zea mays L.) akibat pemberian pupuk fosfat dan waktu aplikasi pupuk hayati mikroba pelarut fosfat pada Ultisols Jatinangor”, Universitas Padjajaran Bandung, 2017.

Septera, “ Rancang Bangun Mesin Penghancur Bongkol Jagung untuk Campuran Pakan Ternak Sapi Kapasitas Produksi 30kg/jam”, Politeknik Negeri Sriwijaya Palembang, 2015.

Zulkarnain, Slamet, dan Hidayat, Perancangan Mesin Hammer Mill Penghancur Bongkol Jagung dengan Kapasitas 100kg/jam Sebagai Pakan Ternak. Kudus, Statif, 2014.

Brennan, J.G., Butters, J.R., Cowell, N.D. dan Lilly, A.E.V., Food Engineering Operations 3 th Ed., New York, Elsevier Publishing Co., 1990.

Rohman, F., “Karateristik Mesin penepung Disc Tipe FFC 23”, Universitas Diponegoro Semarang, 2016.

Oduntan, O. dan Omitoyin,B., “Wear of disc hammer in wet grinding processes on groundnut cake for fish feed production”, University of Ibadan Nigeria, 2016.

Assauri, Sofyan, Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 2004.

Setyautami, K., “Uji Performance Mesin Penepung Tipe Disc (Disc) untuk Penepungan Juwawut”, Institut Teknologi Bogor, 2008.

PlumX Metrics

Published
2019-08-01
How to Cite
[1]
A. Efendi and roni suhartono, “Perbaikan dan pemeliharaan mesin disc mill bongkol jagung”, JMN, vol. 2, no. 1, pp. 42-51, Aug. 2019.