PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI LESSON STUDY

  • I NT Upayogi STKIP Citra Bakti, NTT, Indonesia

Abstract

Abstrak
        Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) kualitas pelaksanaan lesson study pada guru IPA, dan (2) peningkatan kemampuan guru IPA menerapkan pendekatan saintifik sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study. Jenis penelitian ini merupakan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru IPA di SMP Lab Undiksha Singaraja. Objek Penelitian ini adalah kualitas lesson study dan kemampuan menerapkan pendekatan saintifik guru. Data dikumpulkan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) kualitas lesson study berada pada kualifikasi sangat baik; dan 2) terjadi peningkatan kemampuan menerapkan pendekatan saintifik guru sebelum dan sesudah pelaksanaan lesson study.
 
Kata Kunci: lesson study, kemampuan menerapkan pendekatan saintifik.
Published
2017-05-22
How to Cite
UPAYOGI, I NT. PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI LESSON STUDY. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 102-112, may 2017. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/715>. Date accessed: 23 june 2018. doi: https://doi.org/10.29407/pn.v2i2.715.