MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PESERTA DIDIK KELAS XI IPS-4 SMA NEGERI 1 KAUMAN

Main Article Content

Tety Roosliana

Abstract

 
Abstrak:
Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan peserta didik dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan peserta didik kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Sejarah dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournaments? (b) Bagaimanakah pengaruh Metode Pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournaments terhadap motivasi belajar Sejarah?.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan revisi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Kauman. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu siklus I (60,94 %), dan siklus II (91,43%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournaments dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS 4, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Sejarah.
 
Kata Kunci: pembelajaran kooperatif, tipe Teams Games Tournaments (TGT)

Article Details

How to Cite
ROOSLIANA, Tety. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PESERTA DIDIK KELAS XI IPS-4 SMA NEGERI 1 KAUMAN. PIJAR NUSANTARA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 98-101, may 2017. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/714>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel