UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 GRABAGAN KEC. KRADENAN KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Main Article Content

widodo widodo

Abstract

 
ABSTRAK
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh melalui metode pendekatan permainan lompat kanguru pada siswa kelas V Semester II SD Negeri 1 Grabagan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mempunyai 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas akan diikuti oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Grabagan  tahun pelajaran 2015/2016, dengan jumlah 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini  diantaranya melalui tes praktik, observasi lapangan. Data penelitian dikumpulkan dan disusun melalui teknik pengumpulan data meliputi : sumber data, jenis data, teknik pengumpulan data dan instrument yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa  melalui pendekatan bermain kanguru dengan menggunaan media modifikasi berupa botol aqua dan pralon dapat meningkatkan efektitas belajar siswa dan mengoptimalkan penggunaan alat peraga sebagai sarana dan prasarana pada mata pelajaran Pendidikan jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya materi lompat jauh pada siswa kelas V Semester II SD Negeri 1 Grabagan  Kec. Kradenan Kab. Grobogan Tahun Pelajaran 2015/2016.

Article Details

How to Cite
WIDODO, widodo. UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT KANGURU PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 1 GRABAGAN KEC. KRADENAN KAB. GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. PIJAR NUSANTARA, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 93-97, may 2017. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/712>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel