PENINGKATAN PRESTASI PEMBELAJARAN TEMA MENYIMPULKAN ISI BERITA DARI TELEVISI ATAU RADIO DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN RINGINSARI I KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI

Main Article Content

Petrus Mohammad Wahyudi

Abstract

Abstrak : Melalui pembelajaran contextual teaching learning (CTL) diharapkan peserta didik tidak hanya dapat menulis dan mengembangkan serta menyimpulkan isi dari sebuah berita yang di dengar ataupun dilihat di televisi ataupun radio ataupun media yang lainya, tetapi juga diperlukan kecermatan untuk membuat suatu rangkaian kata yang baik dan sesuai dengan kaidah tata bahasa,dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus pembelajaran.Dari 35 siswa yang tuntas hanya 13 (37%) siswa, dengan rata-rata klasikal 64. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Awal perlu adanya perbaikan, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada proses perbaikan pembelajaran siklus 1. Prestasi hasil belajar pada perbaikan pembelajaran siklus 1 sudah ada peningkatan, dimana capaian rata-rata klasikal mencapai 70,1.Namun hal tersebut masih belum memuaskan, sebab masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah standart ketuntasan. Dari 35 siswa yang tuntas hanya 15 (42%) siswa, dengan rata-rata klasikal 70,1. Hal ini menunjukkan bahwa perbaikan pembelajaran siklus 1 perlu adanya perbaikan, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada proses perbaikan pembelajaran siklus 2. Prestasi hasil belajar siswa telah mengalami perubahan jauh lebih baik bila dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Dimana rata-rata klasikal pada tahap perbaikan pembelajaran 2 mencapai 83,70. Sedangkan banyaknya siswa yang mampu meraih nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan berjumlah 35 dari 35 siswa, dengan persentase ketuntasan 100%. Sehingga kegiatan perbaikan pembelajaran yang dilakukan sudah mencapai ketuntasan yang diharapkan. Dengan pembelajaran Metode Contextual Teaching and Learning hasil belajar siswa yang terus meningkat dan dapat dijadikan sebagai salah satu cara guru dalam menerapkan metode pembelajaran di dalam kelas. 

Article Details

How to Cite
WAHYUDI, Petrus Mohammad. PENINGKATAN PRESTASI PEMBELAJARAN TEMA MENYIMPULKAN ISI BERITA DARI TELEVISI ATAU RADIO DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VI SDN RINGINSARI I KECAMATAN KANDAT KABUPATEN KEDIRI. PIJAR NUSANTARA, [S.l.], v. 2, n. 1, may 2016. ISSN 2442-9163. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/pinus/article/view/265>. Date accessed: 20 sep. 2017.
Section
Artikel