PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN KOLEKSI BACAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI

  • suciati suciati
Abstract views: 81 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 252

Abstract

Abstrak: Penggunaan Alat Peraga dan Koleksi Bacaan untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VI SDN Blabak 1 Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2011/2012. Motivasi belajar yang rendah berpengaruh terhadap presatsi belajar. Alat peraga dan bahan bacaan merupakan kuci utama dalam keberhasilan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi alat peraga, mengetahui kelengkapan koleksi bacaan dan mengetahui kontribusi penyediaan alat peraga dan kelengkapan koleksi bacaan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa kelas VI SDN Blabak I Kec.Kandat Kab.Kediri. Rancangan penelitian ini dengan menggunakan 3 siklus, dengan teknik validasi trianggulasi. Jumlah subyek penelitian 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif. Siswa mengalami peningkatan, pada siklus I terdapat 19 siswa (59,38%) mencapai ketuntasan belajar dan pada siklus III, 29 siswa (90,63%) mencapai ketuntasan belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2015-04-15
How to Cite
suciati, suciati. (2015). PENGGUNAAN ALAT PERAGA DAN KOLEKSI BACAAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.29407/pn.v1i01.108