Efektivitas pembelajaran Diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif Pada mata kuliah sistem geometri

efektivitas : pembelajaran diskusi kelas: diskusi kelompok : intuitif : mata kuliah sistem geometri

  • Fatriya Adamura Universitas PGRI Madiun

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif pada materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri. Penelitian eksperimen dilakukan dengan menerapkan perangkat pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri. Perangkat pembelajaran yang diterapkan telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di kelas III B semester genap tahun akademik 2010/2011.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif efektif untuk mengajarkan materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri karena memenuhi syarat-syarat: kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran baik, aktivitas mahasiswa efektif, respon mahasiswa positif, dan ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal tercapai serta kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kompetensi guru profesional baik.
Published
2017-06-01
How to Cite
ADAMURA, Fatriya. Efektivitas pembelajaran Diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif Pada mata kuliah sistem geometri. JURNAL MATH EDUCATOR NUSANTARA, [S.l.], v. 3, n. 1, june 2017. ISSN 2580-9210. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/770>. Date accessed: 19 feb. 2018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.