ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI TERSERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA di-KOTA TERNAT

  • ade haerullah

Abstract


Lemahnya kompetensi paedagogik guru Biologi terlihat dari hasil analisis kompetensi guru pada hasilsertifikasi tahun 2012 dan 2013 yang menunjukkan bahwa kompetensi guru Biolog di provinsiMaluku Utara masih rendah. Selanjutnya hasil analisis Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 jugamenunjukkan bahwa rata komptensi pedagogik guru di kota Ternate masih rendah. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru biologi yang telah tersertifikasiterhadap hasil belajar siswa di SMA se-Kota Ternate. Penelitian ini bersifat ex post facto danmenggunakan sampel populasi. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan statistik nonparametrik Chi-square. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh kompetensipedagogik guru biologi yang telah tersertifikasi terhadap hasil belajar siswa di Kota Ternate dengannilai X= 54,029.Kata kunci: Kompetensi, Pedagogik, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-11-07
How to Cite
HAERULLAH, ade. ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BIOLOGI TERSERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA di-KOTA TERNAT. Jurnal Biologi dan Pembelajarannya (JB&P), [S.l.], v. 5, n. 2, nov. 2018. ISSN 2406-8659. Available at: <http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/biologi/article/view/12576>. Date accessed: 21 may 2019. doi: https://doi.org/10.29407/jb&p.v5i2.12576.