Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku mahamahasiswa melalui penerapan nilai-nilai pembentukan sikap tegak pada pencak silat dalam mengikuti mata kuliah pencak silat.penlitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun ajaran 2014/2015, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan tindakan kelas, dengan pemberian pembelajaran teori dan praktik nilai-nilai sikap tegak pada pencak silat beserta contohnya, seperti hukuman mahasiswa saat keterlambatan dalam mengikuti matakuliah pencak silat. Teknik pengambilan data penelitian dilakukan dengan metode observasi terbuka dengan menggunakan format check list dan catatan kejadian yang terjadi dilapangan selama proses pembalajaran. Hasil penelitian ini adalah terjadi perubahan perilaku positif yang sebelum pemberian tindakan hingga sesudah pemberian tidakan. Kenaikan persentase perilaku sikap mencapai 60%.
References
Johansyah L. (2000), Panduan praktis Pencak Silat. Jakarta: Raja Grafindo.
Josef Matakupan. (1991). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Dinas Pendidikan dan Pengajaran.
Kerlinger, Fred. (1992). Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Kunandar. (2008). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
M. Otok Iskandar dan Soemardjono, (1992) Pencak Silat, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Nurul Zuriah. (2008). Pendidikan Moral & Budi Pekerti Dalam Perpektif Perubahan. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Notosoejitno. (1997). Khazanah Pencak Silat. Jakarta : Sagung Seto.
O’ong Maryono. (1999). Pencak Silat Merentang Waktu, Yogyakarta : Galang Press. JUNAL IPTEK OLAGRAGA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright (c) 2015 Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran