TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMENUHAN GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 1-6 DI SD MOJOROTO II KOTA KEDIRI

  • WOER YANTARI SMK Negeri 1 Kota Kediri
Abstract views: 111 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 530

Abstract


Abstrak
Makanan dan nutrisi merupakan dua hal pokok yang tidak bisa dipisahkan dalam tahapan pertumbuhan dan
perkembangan manusia terutama anak-anak. Kecukupan pemenuhan nutrisi pada anak sekolah sangat
penting dalam pertumbuhan fisik sehingga mutlak para ibu mengetahuinya. Kekurangan nutrisi dalam jangka
panjang pada anak usia sekolah dapat mempengaruhi konsentrasi belajar  yang pada akhirnya terjadi
penurunan kualitas belajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengidentifikasi tingkat pengetahuan ibu dalam
pemenuhan gizi pada anak sekolah dasar kelas 1-6 di SD Mojoroto II Kota Kediri.
Desain penelitian dengan pendekatan cross sectional pada semua ibu yang mempunyai anak sekolah kelas 16

di SD Mojoroto II Kota Kediri sebanyak 232 orang dan sampel sesuai kriteria inklusi 147 orang. Teknik
sampling yang digunakan adalah purposive dengan instrument kuesioner dalam pengambilan data .
Hasil penelitian menunjukkan  sebagian besar pengetahuan responden tentang komponen gizi adalah
51,02%, sedangkan pengetahuan ibu terkait masalah gizi hampir setengah berpengetahuan kurang yaitu
sebesar 42,8%, dan pengetahuan ibu tentang pentingnya gizi seimbang sebagian besar masih kurang yaitu
sebesar 68,02%.
Melihat hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa masalah gizi masih kurang begitu diperhatikan oleh para
ibu, karena pada dasarnya gizi tidak hanya dilihat dari frekuensi makan kesehariannya. Oleh karena itu
perlunya pemberian edukasi yang bisa dilakukan oleh pihak sekolah tentang pemenuhan gizi seimbang.

Kata Kunci: Tingkat pengetahuan, gizi, anak sekolah

Downloads

Download data is not yet available.

PlumX Metrics

Published
2015-10-05
How to Cite
YANTARI, W. (2015). TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG PEMENUHAN GIZI PADA ANAK SEKOLAH DASAR KELAS 1-6 DI SD MOJOROTO II KOTA KEDIRI. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1(2). https://doi.org/10.29407/pn.v1i3.180