Metode SAW (Simple Additive Weighting) Dalam Penentuan Karyawan Terbaik

  • Dwi Harini Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Lilia SInta Wahyuniar Universitas Nusantara PGRI Kediri
Abstract views: 278 , PDF downloads: 181
Keywords: SPK, SAW, Kinerja

Abstract

Karyawan sebagai sumber daya manusia mempunyai peran atau kontribusi yang besar pada suatu perusahaan atau institusi. Semakin banyaknya jumlah kayawan maka semakin komplek karakteristik karyawan sehingga sulit untuk menentukan karyawan yang terbaik yang berprestasi pada suatu lembaga, institusi atau perusahaan. Maka dari itu sangat penting untuk melakukan penilaian kinerja karyawan agar dapat mengetahui prestasi yang dicapai setiap karyawan dengan baik, cukup baik, atau kurang. Permasalahan yang terjadi pada Sa**y Mart adalah belum adanya format yang baku mengenai evaluasi penilaian karyawan. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dibutuhkan sistem pendukung keputusan. Salah satu metode dalam SPK yaitu Metode Simple Additive Weighting (SAW) yang digunakan dalam penulisan  ini untuk membantu manajemen Sa**y Mart menyelesaikan permasalahannya. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dapat mempermudah dan mempercepat proses penilaian kinerja karyawan sehingga dapat membantu pihak manajemen Sa**y Mart dalam pengambilan keputusan  menentukan karyawan terbaik atau karyawan berprestasi untuk mendapatkan rewardnya.

 

References

Agetia , Aries. Hendra, Gede. Hendrika L, Luciana dan Hariyanti. 2020. Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Pegawai Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Universitas XYZ. Jurnal Ilmu Komputer (JIK) Vol. 5 No. 1. Februari 2020 hal 6-12.

Kusrini.2008. Konsep Dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: Andi.

Kusumadewi. Hartati S Sri. Harjoko, A dan Wardoyo, R. 2006. Fuzzy MultiAttribute Decission Making ( Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja berbasis Kompetensi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mujiastuti, Rully. Komariyah, Nur. Dan Hasbi, Muhammad. 2019. Sistem Penilaian Kinerja Karyawan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer. Vol. 9, No. 2 hal. 133-141.

Prawirosentono, Suyadi. 1999. Kebijakan Kinerja Karyawan. Yogyakarta: BPFE.
Rachman, Rizal. 2018. Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Proses Penilaian Kinerja Karyawan. Jurnal Tekno Insentif Vol. 12 No. 2 hal 21-27.

Turban. 2001. Decission Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta: Andi

PlumX Metrics

Published
2022-12-17
How to Cite
Dwi Harini, & Wahyuniar, L. S. (2022). Metode SAW (Simple Additive Weighting) Dalam Penentuan Karyawan Terbaik. Nusantara of Engineering (NOE), 5(2), 92 - 97. https://doi.org/10.29407/noe.v5i2.18764