CLUSTERING MINIMARKET UNTUK MENENTUKAN JUMLAH KEBUTUHAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS

Authors

  • Fadli Kurnia Alvisan universitas nusantara pgri kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/noe.v4i2.16784

Keywords:

Cluster, , Data Meaning, K-Means

Abstract

kebutuhan akan informasi (atau pengetahuan) sebagai pendukung pengambilan keputusan untuk membuat bussines solution serta dukungan infrastruktur di bidang teknologi informasi merupakan lahirnya suatu teknologi data mining, perusahaan ingin mengetahui jumlah penjualan makanan dan minuman pada masing-masing toko Minimarket dengan melihat trend penjualan pada Minimarket serta dapat memperoleh analisa data penjualan yang paling banyak diminati masyarakat terhadap penjualan makanan dan minuman, dibuatlah rancangan sistem clusterisasi untuk menentukan jumlah kebutuhan makanan dan minuman pada tiap-tiap minimarket, juga dapat digunakan kepada tiap – tiap minimarket sebagai rujukan dan atau acuan dalam menentukan jumlah kebutuhan penjualan, meningkatkan produktifitas dan efisiensi waktu dalam pengiriman, aplikasi yang dibangun dapat membantu sebagai gambaran bagi pengambilan keputusan perusahaan dalam rangka mendapatkan pola penjualan produk, sehingga mengurangi penumpukan data yang kurang dimanfaatkan sebelumnya serta lebih efisiensi dalam kinerja

References

[1] Agusta, Y. (2007). K-Means-Penerapan,Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika Vol.3 : 47-60.

[2] Aryan, P. (2010). Algoritma K-Means Clustering. Tersedia : http://pebbie.wordpress.com/2008/11/13/algoritma-k-meansclustering.Html diakses 3 Februari 2017
[3] Connolly, T., Begg, C. 2010. Database Systems: a practical approach to design, implementation, and management. 5th Edition. America: Pearson Education.

[4] Elqorni, A. (2008, 5 3). Konsep Pemasaran dan Penjualan. Retrieved 6 2011, 3, tersedia : fromhttp://elqorni.wordpress.com/2008/05/03/konsep-pemasaran-dan-penjualan/ diakses 3 Februari 2017.

[5] Han, Jiawei. Kamber, Micheline. 2001. Data Mining: Concept And Technique. San Fransisco: Morgan Kaufmann Publishers.
[6] Mariscal, Marba’n dan Ferna’ndes. 2010. A Survey Of Data Mining And Knowledge Discovery Models And Methodologies. The Knowledge Engineering Review, 25(2), 137-166. http://dx.doi.org. 3 Januari 2017

[7] Nugroho, A. (Ed) (2006). E-Commerce Memahami Perdagangan Modern Di Dunia Maya. Bandung : Informatika.

[8] Sinaga, Pariaman. 2006. Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta : Tidak Diterbitkan

PlumX Metrics

Published

2021-11-11

How to Cite

Alvisan, F. K. (2021). CLUSTERING MINIMARKET UNTUK MENENTUKAN JUMLAH KEBUTUHAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS. Nusantara of Engineering (NOE), 4(2), 160–168. https://doi.org/10.29407/noe.v4i2.16784