CLUSTERING MINIMARKET UNTUK MENENTUKAN JUMLAH KEBUTUHAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS
Abstract
kebutuhan akan informasi (atau pengetahuan) sebagai pendukung pengambilan keputusan untuk membuat bussines solution serta dukungan infrastruktur di bidang teknologi informasi merupakan lahirnya suatu teknologi data mining, perusahaan ingin mengetahui jumlah penjualan makanan dan minuman pada masing-masing toko Minimarket dengan melihat trend penjualan pada Minimarket serta dapat memperoleh analisa data penjualan yang paling banyak diminati masyarakat terhadap penjualan makanan dan minuman, dibuatlah rancangan sistem clusterisasi untuk menentukan jumlah kebutuhan makanan dan minuman pada tiap-tiap minimarket, juga dapat digunakan kepada tiap – tiap minimarket sebagai rujukan dan atau acuan dalam menentukan jumlah kebutuhan penjualan, meningkatkan produktifitas dan efisiensi waktu dalam pengiriman, aplikasi yang dibangun dapat membantu sebagai gambaran bagi pengambilan keputusan perusahaan dalam rangka mendapatkan pola penjualan produk, sehingga mengurangi penumpukan data yang kurang dimanfaatkan sebelumnya serta lebih efisiensi dalam kinerja
References
[2] Aryan, P. (2010). Algoritma K-Means Clustering. Tersedia : http://pebbie.wordpress.com/2008/11/13/algoritma-k-meansclustering.Html diakses 3 Februari 2017
[3] Connolly, T., Begg, C. 2010. Database Systems: a practical approach to design, implementation, and management. 5th Edition. America: Pearson Education.
[4] Elqorni, A. (2008, 5 3). Konsep Pemasaran dan Penjualan. Retrieved 6 2011, 3, tersedia : fromhttp://elqorni.wordpress.com/2008/05/03/konsep-pemasaran-dan-penjualan/ diakses 3 Februari 2017.
[5] Han, Jiawei. Kamber, Micheline. 2001. Data Mining: Concept And Technique. San Fransisco: Morgan Kaufmann Publishers.
[6] Mariscal, Marba’n dan Ferna’ndes. 2010. A Survey Of Data Mining And Knowledge Discovery Models And Methodologies. The Knowledge Engineering Review, 25(2), 137-166. http://dx.doi.org. 3 Januari 2017
[7] Nugroho, A. (Ed) (2006). E-Commerce Memahami Perdagangan Modern Di Dunia Maya. Bandung : Informatika.
[8] Sinaga, Pariaman. 2006. Makalah Pasar Modern VS Pasar Tradisional. Kementerian Koperasi dan UKM. Jakarta : Tidak Diterbitkan
Copyright (c) 2021 Fadli Kurnia Alvisan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License