Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kebotakan Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web
PDF (Bahasa Indonesia)

How to Cite

Syamsudin, A., & Atmawati, K. W. D. (2018). Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kebotakan Pada Manusia Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Web. Nusantara of Engineering, 3(2), 63-70. https://doi.org/10.29407/noe.v3i2.12342

Abstract

Sejalan dengan pertambahan usia, pada pria dan wanita akan terjadi penurunan kepadatan rambut. Pria memiliki  bentuk  kebotakan  khusus  yang  berhubungan  dengan  hormon  testosteron  dan  kelainan  genetik. Kebotakan adalah keadaan rontok atau hilangnya rambut di daerah yang pada keadaan  normal  mempunyai  rambut.  Biasanya  faktor  penyebab  kebotakan  adalah  faktor  eksternal  dan  faktor internal (keturunan). Wanita juga memiliki bentuk yang khusus. Penelitian dan pembuatan aplikasi ini bertujuan untuk menampilkan prosentase penyakit yang diderita oleh user sebagai pasien. Aplikasi ini menggunakan metode Certainty Factor dengan prosentase tertinggi 96%.

 

Kata kunci–certainty factor, kebotakan,  sistem pakar.

https://doi.org/10.29407/noe.v3i2.12342
PDF (Bahasa Indonesia)

Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1. Hak cipta pada artikel apa pun dipegang oleh penulis.
2. Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
3. Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (mis., Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
4. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
5. Artikel dan semua materi yang diterbitkan terkait didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0