Efektivitas pembelajaran Diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif Pada mata kuliah sistem geometri

efektivitas : pembelajaran diskusi kelas: diskusi kelompok : intuitif : mata kuliah sistem geometri

  • Fatriya Adamura Universitas PGRI Madiun
Abstract views: 10 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 8

Abstract

Penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif pada materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri. Penelitian eksperimen dilakukan dengan menerapkan perangkat pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri. Perangkat pembelajaran yang diterapkan telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di kelas III B semester genap tahun akademik 2010/2011.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif efektif untuk mengajarkan materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri karena memenuhi syarat-syarat: kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran baik, aktivitas mahasiswa efektif, respon mahasiswa positif, dan ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal tercapai serta kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kompetensi guru profesional baik.

Published
2017-06-01
How to Cite
Adamura, F. (2017). Efektivitas pembelajaran Diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif Pada mata kuliah sistem geometri: efektivitas : pembelajaran diskusi kelas: diskusi kelompok : intuitif : mata kuliah sistem geometri. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.29407/jmen.v3i1.770