Efektivitas pembelajaran Diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif Pada mata kuliah sistem geometri
efektivitas : pembelajaran diskusi kelas: diskusi kelompok : intuitif : mata kuliah sistem geometri
DOI:
https://doi.org/10.29407/jmen.v3i1.770Abstract
Penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif pada materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri. Penelitian eksperimen dilakukan dengan menerapkan perangkat pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri. Perangkat pembelajaran yang diterapkan telah dikembangkan pada penelitian sebelumnya. Penelitian ini dilakukan di kelas III B semester genap tahun akademik 2010/2011.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diskusi kelas berbasis diskusi kelompok intuitif efektif untuk mengajarkan materi postulat kesejajaran Euclides mata kuliah Sistem Geometri karena memenuhi syarat-syarat: kemampuan dosen dalam mengelola pembelajaran baik, aktivitas mahasiswa efektif, respon mahasiswa positif, dan ketuntasan belajar mahasiswa secara klasikal tercapai serta kemampuan mahasiswa dalam melaksanakan kompetensi guru profesional baik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution 4.0 Internasional License