Rekomendasi Perbaikan Desain Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Desktop dalam Bentuk Prototype untuk Statistika Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh rekomendasi perbaikan dan membuat desain aplikasi media pembelajaran berbasis desktop dalam bentuk prototype untuk mata kuliah Statistika Dasar. Untuk memperoleh rekomendasi tersebut, maka dalam penelitian ini menerapkan metode usability testing dengan target pengujian yaitu kelompok dosen dan mahasiswa sebanyak 30 responden dengan tujuan untuk memperoleh 97% permasalahan dalam usability testing. Data yang dikumpulkan untuk memperoleh rekomendasi perbaikan dengan menggunakan metode usability testing, meliputi data-data yang bersifat kualitatif. Adapun pembuatan prototype dalam penelitian ini menggunakan prinsip desain interaksi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh beberapa rekomendasi yaitu terkait dengan desain pada tampilan interface dan konten yang terdapat pada halaman Menu Utama (Beranda), halaman Menu Game Education, dan halaman Menu Materi, di mana perlu dirancang kembali agar lebih memudahkan user dan tidak menimbulkan kejenuhan selama menggunakan aplikasi tersebut.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Copyright on any article is retained by the author(s).
2. The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
3. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
4. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
5. The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License