6 PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI MENDONGENG CERITA RAKYAT (Penelitian Tindakan di TK B PAUD Dahlia, Lampung Selatan Tahun 2016)
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran proses peningkatan kecerdasan linguistik dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan kecerdasan linguistik anak melalui mendongeng cerita rakyat. Responden pada penelitian ini adalah 15 anak TK B PAUD Dahlia. Metode penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan delapan pertemuan selama dua siklus. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan linguistik anak melalui mendongeng cerita rakyat, hal ini dibuktikan dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif menunjukkan data pra siklus sebesar 53,25%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 19,42% menjadi 72,67% dan pada siklus II meningkat sebesar 16,64% menjadi sebesar 89,31%, data kualitatif menunjukkan peningkatan kecerdasan linguistik dengan proses yaitu guru mendongeng dengan media yang bervariasi, anak menyimak dan menanggapi, kemudian anak mendongeng sesuai imajinasinya.
Kata kunci: Kecerdasan linguistik, mendongeng cerita rakyat, anak usia dini, penelitian tindakan
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License