6 PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI MENDONGENG CERITA RAKYAT (Penelitian Tindakan di TK B PAUD Dahlia, Lampung Selatan Tahun 2016)

Isi Artikel Utama

Siti Kurniasih

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk memperoleh gambaran proses peningkatan kecerdasan linguistik dan mengetahui sejauh mana hasil peningkatan kecerdasan linguistik anak melalui mendongeng cerita rakyat. Responden pada penelitian ini adalah 15 anak TK B PAUD Dahlia. Metode penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan delapan pertemuan selama dua siklus. Analisis data menggunakan data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kecerdasan linguistik anak melalui mendongeng cerita rakyat, hal ini dibuktikan dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif menunjukkan data pra siklus sebesar 53,25%, mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 19,42% menjadi 72,67% dan pada siklus II meningkat sebesar 16,64% menjadi sebesar 89,31%, data kualitatif menunjukkan peningkatan kecerdasan linguistik dengan proses yaitu guru mendongeng dengan media yang bervariasi, anak menyimak dan menanggapi, kemudian anak mendongeng sesuai imajinasinya.


 


Kata kunci: Kecerdasan linguistik, mendongeng cerita rakyat, anak usia dini, penelitian tindakan

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Kurniasih, S. (2016). 6 PENINGKATAN KECERDASAN LINGUISTIK MELALUI MENDONGENG CERITA RAKYAT (Penelitian Tindakan di TK B PAUD Dahlia, Lampung Selatan Tahun 2016). Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 3(2), 121-128. Diambil dari https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/423
Bagian
Artikel
Bookmark and Share