5 MODEL TEORITIK PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS UNGGULAN SMPN SE KOTA MALANG
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris model teoritik prestasi akademik siswa kelas unggulan dan pengaruh efikasi diri akademik, harga diri, keterampilan menetapkan tujuan, dan berpikir kreatif terhadap prestasi akademik siswa kelas unggulan di SMPN kota Malang, ditinjau dari efikasi diri akademik, harga diri, keterampilan menetapkan tujuan, dan berpikir kreatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode Causal Relationship Study dan dianalisis dengan analisis jalur. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas unggulan kota Malang sejumlah 141 siswa, ditarik secara purposif random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model teoritik prestasi akademik siswa tidak terbukti sepenuhnya. Efikasi diri akademik berpengaruh langsung secara signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan variabel harga diri, keterampilan menetapkan tujuan dan berpikir kreatif tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap prestasi akademik. Selanjutnya harga diri dan keterampilan menetapkan tujuan mempengaruhi efikasi diri akademik.
Kata kunci: Efikasi diri akademik, harga diri, berpikir kreatif, keterampilan menetapkan tujuan, dan prestasi akademik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License