5 MODEL TEORITIK PRESTASI AKADEMIK SISWA KELAS UNGGULAN SMPN SE KOTA MALANG

Isi Artikel Utama

Febranti Putri Navion

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris model teoritik prestasi akademik siswa kelas unggulan dan pengaruh efikasi diri akademik, harga diri, keterampilan menetapkan tujuan, dan berpikir kreatif terhadap prestasi akademik siswa kelas unggulan di SMPN kota Malang, ditinjau dari efikasi diri akademik, harga diri, keterampilan menetapkan tujuan, dan berpikir kreatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode Causal Relationship Study dan dianalisis dengan analisis jalur. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas unggulan kota Malang sejumlah 141 siswa, ditarik secara purposif random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model teoritik prestasi akademik siswa tidak terbukti sepenuhnya. Efikasi diri akademik berpengaruh langsung secara signifikan terhadap prestasi akademik, sedangkan variabel harga diri, keterampilan menetapkan tujuan dan berpikir kreatif tidak berpengaruh langsung secara signifikan terhadap prestasi akademik. Selanjutnya harga diri dan keterampilan menetapkan tujuan mempengaruhi efikasi diri akademik.


 


Kata kunci: Efikasi diri akademik, harga diri, berpikir kreatif, keterampilan menetapkan tujuan, dan prestasi akademik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel