3 UNJUK KERJA PROFESIONALISME KONSELOR MELALUI FAKTOR-FAKTOR NON-KOGNITIF SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian untuk menguji secara empiris faktor-faktor non-kognitif yang meliputi: kemampuan mengontrol diri, kemampuan mengatasi kecemasan, keterampilan manajemen waktu, dan prestasi akademik siswa SMAN Kota Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan inventori kemampuan mengontrol diri, kemampuan mengatasi kecemasan, keterampilan manajemen waktu, dan nilai rapor mata pelajaran Matematika, kemudian dianalisis dengan korelasi Spearman. Sampel penelitian berjumlah 224 siswa yakni siswa SMAN Pola Lima, ditarik dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan mengontrol diri, keterampilan manajemen waktu, kemampuan mengatasi kecemasan memiliki hubungan positif yang signifikan dengan prestasi akademik siswa; (2) Kemampuan mengontrol diri memiliki hubungan positif yang signifikan dengan keterampilan manajemen waktu; (3) Kemampuan mengontrol diri memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan mengatasi kecemasan.
Kata kunci: Kemampuan mengontrol diri, kemampuan mengatasi kecemasan, keterampilan manajemen waktu, dan prestasi akademik.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License