3 UNJUK KERJA PROFESIONALISME KONSELOR MELALUI FAKTOR-FAKTOR NON-KOGNITIF SISWA

Isi Artikel Utama

Wikan Galuh Widyarto

Abstrak

Tujuan penelitian untuk menguji secara empiris faktor-faktor non-kognitif yang meliputi: kemampuan mengontrol diri, kemampuan mengatasi kecemasan, keterampilan manajemen waktu, dan prestasi akademik siswa SMAN Kota Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan inventori kemampuan mengontrol diri, kemampuan mengatasi kecemasan, keterampilan manajemen waktu, dan nilai rapor mata pelajaran Matematika, kemudian dianalisis dengan korelasi Spearman. Sampel penelitian berjumlah 224 siswa yakni siswa SMAN Pola Lima, ditarik dengan menggunakan teknik multistage random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) Kemampuan mengontrol diri, keterampilan manajemen waktu, kemampuan mengatasi kecemasan memiliki hubungan positif yang signifikan dengan prestasi akademik siswa; (2) Kemampuan mengontrol diri memiliki hubungan positif yang signifikan dengan keterampilan manajemen waktu; (3) Kemampuan mengontrol diri memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan mengatasi kecemasan.


 


Kata kunci: Kemampuan mengontrol diri, kemampuan mengatasi kecemasan, keterampilan manajemen waktu, dan prestasi akademik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel