Pengaruh Peran Orang Tua Dan Pelatih Terhadap Pembentukan Karakter Atlet Usia 15 Tahun

Isi Artikel Utama

Mohamad Da'i
Rohmad Apriyanto
Adi S
Hilmy Aliriad

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran orang tua dan pelatih terhadap karakter atlet Usia 15 Tahun di PASI Bojonegoro. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini berjumlah 12 responden atlet usia 15 tahun di PASI Bojonegoro dengan menggunakan teknik purposive sampling. Reliabilitas dan validitas instrumen yang digunakan dalam penelitian ini telah diperiksa, dan telah berkonsultasi dengan para ahli. Teknik analisis data berdasarkan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansi variabel peran orang tua p<0,05 dan pelatih p<0,05. Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial peran orang tua dan pelatih berpengaruh terhadap karakter atlet usia 15 tahun di PASI Bojonegoro. Dengan menggunakan uji analisis F, menghasilkan tingkat signifikansi p kurang dari 0,05, sedangkan nilai Rpersegi=0,621 artinya 78,8% karakteristik atlet usia 15 tahun di PASI Kabupaten Bojonegoro dipengaruhi oleh peran orang tua dan pelatih. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dan pelatih secara simultan mempunyai pengaruh terhadap karakter atlet usia 15 tahun di PASI Bojonegoro. Oleh karena itu, dalam memberikan pendidikan karakter kepada para atlet baik di dalam maupun di luar lapangan, diperlukan dorongan dari luar, baik dari orang tua maupun pelatih.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Da’i, M., Apriyanto, R., S, A., & Aliriad, H. (2023). Pengaruh Peran Orang Tua Dan Pelatih Terhadap Pembentukan Karakter Atlet Usia 15 Tahun. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10(2), 182-191. https://doi.org/10.29407/nor.v10i2.21853
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Alnedral, A. (2016). Pembentukan Karakter-Cerdas Atlet Tarung Derajat. Jurnal Performa Olahraga, 1(1), 44–55.

Bangun, S. Y. (2019). Peran Pelatih Olahraga Ekstrakurikuler Dalam Mengembangkan Bakat Dan Minat Olahraga Pada Peserta Didik. Jurnal Prestasi, 2(4), 29–37. DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v2i4.11913

Bompa, T. O., & Buzzichelli, C. (2019). Periodization-: theory and methodology of training. Human kinetics.

Candra, A. R. D., Budiyanto, K. S., & Sobihin, S. (2020). Analisis Karakteristik Psikologi Atlet Atletik Berdasarkan Nomor Event Lari, Lempar, dan Lompat. Jurnal MensSana, 5(1), 15–25. DOI: https://doi.org/10.24036/jm.v5i1.128

Da’i, M. (2021). Dasar - Dasar Atletik. Mata Kata Inspirasi.

Da’i, M., & Cahyaningrum, V. D. (2023). Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi atlet rugby unugiri. Nusantara of Research: Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10(1), 1–11. DOI: https://doi.org/10.29407/nor.v10i1.19295

Da’i, M., Ramadhan, N., & Rohman, A. (2023). Comparison of Physical Fitness Levels between Boarding School Students based on Islamic Boarding School and Formal School Students. Journal Coaching Education Sports, 4(1), 140–152. DOI: https://doi.org/10.31599/jces.v4i1.1876

Dongoran, M. F., & Kalalo, C. N. (2020). Profil psikologis atlet pekan olahraga nasional (pon) papua menuju pon xx tahun 2020. Journal Sport Area, 5(1), 13–21. DOI: https://doi.org/10.25299/sportarea.2020.vol5(1).4621

Fikriyah, S., Mayasari, A., Ulfah, U., & Arifudin, O. (2022). Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying. Jurnal Tahsinia, 3(1), 11–19. DOI: https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.306

Ginanjar, M. H. (2017). Keseimbangan peran orang tua dalam pembentukan karakter anak. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 2(03). DOI: http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i03.4570

Guntoro, T. S., Kurdi, K., & Putra, M. F. P. (2020). Karakter kepribadian atlet Papua: kajian menuju POPNAS ke-XV. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 40–58. DOI: https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13638

Hadi, R. (2021). Peran Pelatih Dalam Membentuk Karakter Atlet. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1). DOI: https://doi.org/10.15294/miki.v1i1.1141

Hardinoto, N., Syah, S., & Sitepu, I. D. (2020). PERBEDAAN KARAKTER OLAHRAGA KOMPETITIF (STUDI KOMPARATIF OLAHRAGA INDIVIDU DAN OLAHRAGA TIM). JURNAL PRESTASI, 1(2). DOI: https://doi.org/10.24114/jp.v1i2.8058

Hastuti, T. A. (2014). Karakteristik Psikologis Atlet di Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP). Jurnal Psikologi, 40(2), 143–158. DOI: 10.22146/jpsi.6973

Hindawan, I., Apriantono, T., Herman, I., Fahmi, M., Hasan, A. D. J., Ihsani, S. I., & Hidayat, I. I. (2020). Analisis Karakteristik Antropometri dan Kondisi Fisik Atlet Pelajar di Sekolah Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar Se-Pulau Jawa. Jurnal Sains Keolahragaan dan Kesehatan, 5(1), 55–71. DOI: http://dx.doi.org/10.5614/jskk.2020.5.1.6

Miadinar, M. G., & Supriyanto, C. (2021). TINGKAT KESEHATAN MENTAL DI TIM ATLETIK TULUNGAGUNG SELAMA PANDEMI COVID–19 (SIFAT PSIKOMETRI DAN VARIANS DASS-21) PADA ATLET DAN NON-ATLET. Jurnal Kesehatan Olahraga, 9(03).

Muhtar, T., & Irawati, R. (2009). Atletik. UPI sumedang press.

Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Dasar-dasar Atletik. El Markazi.

Permono, H. (2013). Peran orangtua dalam optimalisasi tumbuh kembang anak untuk membangun karakter anak usia dini. Widyagogik: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 57–69. DOI: http://hdl.handle.net/11617/3994

Purbaningrum, A., & Wulandari, F. Y. (2021). Peran Pelatih Dalam Membentuk Karakter Atlet Atletik Tpc-T Kota Kediri Untuk Menunjang Prestasi. Jurnal Prestasi Olahraga, 4(9), 151–157.

Rochmawati, N. (2018). Peran Guru dan Orang Tua Membentuk Karakter Jujur Pada Anak. Al-Fikri: Jurnal Studi Dan Penelitian Pendidikan Islam, 1(2), 1–12. DOI: http://dx.doi.org/10.30659/jspi.v1i2.3203

Saifudin, H., Aliriad, H., Da’i, M., Herminda, M. A. Y., & Nila, S. (2023). Pengaruh Latihan Imagery Terhadap Akurasi Service Floating Bolavoli Pada Extrakulikuler Bolavoli MA Sunan Bonang Parengan. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(1), 107–121. DOI: https://doi.org/10.55081/jumper.v4i1.1063

Sinulingga, A., & Hardinoto, N. (2021). PERBEDAAN KARAKTER OLAHRAGA KOMPETITIF. Jurnal Sport & Science 45, 5(1), 47–58. DOI: http://dx.doi.org/10.46827/ejpe.v7i3.3940

Supriyanto, A. (2018). Pembentukan Karakter Olahragawan Ditinjau Dari Perbedaan Gender, Peran Serta Orangtua, Guru, Pelatih Olahraga Dan Keikutsertaan Dalam Aktivitas Olahraga Serta Jenis Olahraganya.
Yogyakarta: Pendidikan Kepelatihan FIK UNY. Makalah ini disampaikan dalam rangka seminar olahraga Nasional ke II, 8.

Sutoro, S., Guntoro, T. S., & Putra, M. F. P. (2020). Mental atlet Papua: Bagaimana karakteristik psikologis atlet atletik? Jurnal Keolahragaan, 8(1), 63–76. DOI: 10.21831/jk.v8i1.30312

Taunus, N., Selan, Y. Y., & Lengo, M. D. (2023). TINJAUAN PROGRAM LATIHAN ATLET PUTRI LARI 5000 M DI PUSAT PENDIDIKAN DAN LATIHAN PELAJAR PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. Jurnal Sport & Science 45, 5(1), 39–46.

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi peran orangtua dan guru dalam pembentukan karakter Islami anak usia dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854