Pemberian Layanan Konseling Kelompok Dengan Tehnik Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas VIIIa SMP Negeri 1 Sikur

Isi Artikel Utama

Baiq Mahyatun
Dewi Yulianti
Purna Miranti

Abstrak

Tujuan dari Penelitian yang berjudul layanan konseling kelompok dengan Teknik problem solving adalah untuk mengetahui pemahaman karir siswa. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian bersifat pre eksperimen design, dan rancangan penelitiannya yang digunakan adalah one group pretest dan posttest. Analisis data yang diperoleh adalah t-table (6,002>2,365) pada taraf signifikan 5%, menunjukan bahwa ada pengaruh untuk meningkatkan pemahaman karir dengan layanan konseling kelompok menggunakan tehnik problem solving pada siswa kelas VIIIA, sehingga dapat disimpulkan “Jika diberikan layanan konseling kelompok menggunakan tehnik problem solving maka dapat meningkatkan pemahaman karir siswa kelas VIIIA SMPN 1 SIKUR”.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Agung Juwantara, Ridho (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun Dalam Pembelajaran Matematika. Al

Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Vol. 9, no. 1 (2019): Hal, 29.

Anwar. (1984). Pengantar Jurnalistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Awaliyah, G. (2019). 87 Persen Mahasiswa Mengaku Salah Pilih Jurusan.

Republika. https://republika.co.id/berita/pendidikan/duniakampus/pmjuhw368/87-persen-mahasiswa-mengaku-salah-pilih-jurusan (diakses 12 Agustus 2023)

Dewa Ketut Sukardi (2008). Pengantar Pelaksanaan Program BK Di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, Ririn (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia. Grafika

Jacobs, Harvill dan Manson (1994) [online] Tersedia : http://www.academia.edu./7382789/Konsep Dasar Dinamika Kelompok./ [12 Agustus 2023]

Juntika, a., Nurihsan, & Agustin, m. (2013). Dinamika Perkembangan Anak Dan Remaja: Tinjauan Psikologi, Pendidikan Dan Bimbingan . bandung: pt refika aditama

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.

Morissan. 2017. Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Mukhlisah, A. (2015). Pengembangan Kongnitif Jean Piaget Dan Peningkatan Belajar Anak Diskalkulia (Studi Kasus Pada Mi Pangeran Diponegoro Surabay)a. jurnal kependidikan islam.vol.6(2), 118-143.

Romlah & Tatiek. (2001). Teori Dan Praktik Bimbingan Kelompok Malang:Universitas Negeri Malang

Reksoatmodjo, S. M. (2009). Statistika Untuk Psikologi dan Pendidikan. Bandung: Pt. Refika Aditama.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D. Bandung: penerbit. Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: C.V Andi.

Youthmanual. (2018). Program Studi. Dilihat pada tanggal 12 Agustus 2023.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.