Meningkatkan Growth Mindset Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIIIC SMPN 1 Sikur

Isi Artikel Utama

Dewi Yulianti
Muhamad Takiuddin
Wahyu Rabiatul Ukhro

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan growth mindset dengan layanan konseling kelompok untuk mengurangi prokraastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini pre eksperimental dengan rancangan penelitian one group pretes posttest disaign. Metodologi penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Hasil yang didapatkan 6,45 >2,365 yang artinya bahwa ada pengaruh untuk meningkatkan growth mindset dengan layanan konseling kelompok untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas VIIIC di SMP NEGERI 1 SIKUR. sehingga dapat disimpulkan bahwa “Jika diberikan layanan konseling kelompok dengan meningkatkan growth mndset dapat mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas VIIIC SMPN 1 SIKUR”.

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Yulianti, D., Takiuddin, M., & Ukhro, W. R. (2023). Meningkatkan Growth Mindset Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIIIC SMPN 1 Sikur. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 10(3), 339-350. https://doi.org/10.29407/nor.v10i3.21840
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Adhiputra, N. (2015). Konseling Kelompok. Yogyakarta: Media Akademi.

Arikunto. (2013). Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo.

Carol, Dweck (2021) https://www.qubisa.com/microlearning/pengertian-growth-mindset-menurut-carol-dweck.

Carol, Dweck. (2015). Carol Dweck revisits the growt mindset. Education week

Dewa Ketut Sukardi (2000). Pengantar Pelaksanaan Program BK Di Sekolah, Jakarta: Rineka Cipta.

Dewitte, S. & Schouwenburg. H. C. (2002). Procrastination. Temptation, and Incentive: the Struggle Between the Present and the Future in Procrastination and the Punctual. European Journal of Personality,Eur: J. Pers /<5. 469-489.

Ferari, J. R., dkk (1995). Procrastination and Task Avoidance: Theory, reearch, and treatment. New York: Resource For The Future.

Fitriya, Suharsono . (2013). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan. (STIKES). Jurnal Psikologi Islam. Vol.2. No.1 (diakses 12 Agustus 2023).

Kohlberg, L. (1995). Tahap-tahap Perkembangan Moral, diterjemahkan oleh Drs. John de Santo dan Drs. Agus Cremers SVD, Yogyakarta: Penerbit. Kanisius.

Mayasari. M.D., dkk (2020). Hubungan Antara Persepsi Mahasiswa Terhadap Metode Pengajaran Dosen Dengan Kecenderungan Pokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hong Tuah . Surabaya : Jurnal Insan,12 (2).

Nurihsan. (2015). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling . Bandung . Refika Aditama.

Prayitno,danAmti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (1995 ). Layanan dan Bimbingan Konseling Kelompok. Graha Indonesia.

Ramadhan, J. & Maghfiroh. (2020). Disiplin Perspektif Dolet Unaradjan: Solusi. Alternatif Dalam Mengubah Mindset Dan Perilaku Prokrastinasi Akademik. STAIN Meulaboh (JRTIE: Journal of Research and Thought on Islamic Education Vol. 3, No. 2, 2020) diakses 12 Agustus 2023).

Sari, Endah. Puspita. dkk. (2022). Teknik-Teknik Bimbingan dan Konseling Dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan (diakses 12 Agustus 2023).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabet.
Sugiyono (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sigit B.Darmawan,“Mindset:Inti Pembelajaran Diri”, http://esbedewordpress.com/2009/07/29/pertumbuhan-diri/, diakses: tgl 10 Agustus 2023

Savira, Fitria & Suharsono, Yudi. (2013). Self-Regulated LearningSrl) Dengan Prokrastnasi Akademik Pada Siswa Akse-lerasi. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. ISSN: 2301-8267 Vol. 01.

Tohirin (2012). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Pekan Baru:Bumi Lancang Kuning.

Yulianti, Dewi ., Mahyatun, B., & Almayanti, L.E. (2023). Kefektifan Layanan Bimbiingan Dengan Teknik Asertif Untuk Mencegah Game Online Pada Siswa. https://scholar.google.com/scholar?as_ylo=2022&q=Dewi+Yulianti+konseling+kelompok+&hl=id&as_sdt=0,5#d=gs_qabs&t=1694132847316&u=%23p%3DKEb9APIRuKIJ.