Studi Komparasi Terhadap Resiliensi Siswa Berdasarkan Gender

Isi Artikel Utama

Muwakhidah
Ayong Lianawati
Yuanita Puspitasari

Abstrak

Resiliensi merupakan kualitas individu untuk bangkit dan beradaptasi dengan perubahan sosial. Gender merupakan salah satu faktor resiliensi yang inkonsisten sehingga perlu diuji. Penelitian bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan resiliensi pada siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Metode penelitian menggunakan studi komparatif dengan sampel penelitian 188 siswa laki-laki dan 188 siswa perempuan yang berasal dari SMA, SMK, atau MA di Kota Surabaya. Teknik analisis data mempergunakan uji ANOVA dan uji deskiptif, berdasarkan analisis data menunjukkan ada perbedaan yang berarti antara resiliensi laki -laki dengan perempuan. Uji Deskriptif menunjukkan perempuan lebih unggul dalam skor resiliensi dibandingkan laki- laki. Cara menyelesaikan masalah dan menghadapi perubahan merupakan indikator utama yang menjadikan kedua kelompok memiliki resiliensi yang berbeda

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Ang, W. H. D., Shorey, S., Lopez, V., Chew, H. S. J., & Lau, Y. 2021. “Generation Z Undergraduate Students’ Resilience during the COVID-19 Pandemic: A Qualitative Study.” Current Psychology 8: 1–15.

Anggraini, S. 2022. “Resiliensi Akademik Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19.” Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang 2(1).

Aza, I. N., A. Atmoko, and I Hitipeuw. 2019. “Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, Dan Resiliensi Terhadap Stres Akademik Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 4(4): 491–98.

Bezek, E. 2010. “Gender Differences in Resilience in the Emerging Adulthood Population.”

Challen, A. R., Machin, S. J., & Gilham, J. E. 2014. “The UK Resilience Program a Scholl-Based Universal Nonrandomized Pragramatic Controlled Trial.” Journal of Consulting andClinical Psychology 8(4): 75–89.

Darmawani, E., & Suryahadikusumah, A. R. 2021. “Career Adaptability as A Career Competency for Generation Z.” In Prosiding Webinar Konvensyen Kaunseling Kebangsaan Kali Ke-22, 62.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. 2018. “Faktor Gender Dan Resiliensi Dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA.” Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang 2(1): 129–136.

Hampel, P., & Petermann, F. 2005. “Age and Gender Effects on Coping in Children and Adolescents.” Journal of youth and adolescence 34(2): 73–83.

Hendriani, W. 2019. Resiliensi Psikologis. Prenadamedia Group.

Jenney, A., Alaggia, R., & Niepage, M. 2016. “The Lie Is That It’s Not Going to Get Better: Narratives of Resilience from Childhood Exposure to Intimate Partner Violence.” International Journal of Child and Adolescent Resilience (IJCAR) 4(1): 64–76.

Kumaat, T. D., T. M. Tiwa, and S. B Sengkey. 2022. “Analisis Resiliensi Siswa SMA Di Kota Tomohon Dalam Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP) 6(2).

Mahardika, A. K. 2017. “Perbedaan Resiliensi Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Remajadengan Orang Tua Yang Bercerai.” Universitas Negeri Malang.

Le Masson, V. 2016. Gender and Resilience: From Theory to Practice.

Masten, A., & Wright, M. 2010. Resilience over the Lifespan: Developmental Perspectiveson Resistance, Recovery, and Transformation. The Guilford Press.

Muwakhidah. 2021. “Keefektifan Peer Counseling Untuk Meningkatkan Resiliensi Remaja Di Pesantren Bahrul Ulum Jombang. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri 8(1): 52–64.

Oktaverina, S. 2021. “Perbedaan Resiliensi Individu Dengan Status Sosial Ekonomi Rendah Ditinjau Dari Jenis Kelamin.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 12(2): 1–12.

Pooley, J. A., & Cohen, L. 2010. “Resilience: A Definition in Context.” The Australian Community Psychologist 22(1): 30–36.

Reivich, K., & Shatte, A. 2002. The Resilience Factor: 7 Keys to Finding Your Inner Strength and Overcoming Life’s Hurdles. New York: Broadway Books.

Risman, B. J. 2018. “Gender as a Social Structure.” In Handbook of the Sociology of Gender, Springer, Cham.
Sagone, E., & De Caroli, M. E. 2014. “Relationships between Psychological Well-Being and Resilience in Middle and Late Adolescents.” Procedia-Social and Behavioral Sciences 141: 881–887.

Sujadi, E., Yandri, H., & Juliawati, D. 2021. “Perbedaan Resiliensi Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Yang Menjadi Korban Bullying.” Psychocentrum Review 3(2): 174–186.

Sun, J., and D Stewart. 2007. “Age and Gender Effects on Resilience in Children and Adolescents.” International Journal of mental health promotion 9(4): 16–25.

Sunarti, E., I. Islamia, N. Rochimah, and M Ulfa. 2018. “Resiliensi Remaja: Perbedaan Berdasarkan Wilayah, Kemiskinan, Jenis Kelamin, Dan Jenis Sekolah.” Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen 11(2): 157–68.

Zolkoski, S. M., & Bullock, L. M. 2012. “Resilience in Children and Youth: A Review.” Children and youth services review 34(12): 2295–2303.