Efektivitas Model OMS (On Media Social) Dalam Meningkatkan Minat Studi Lanjut

Isi Artikel Utama

Rudy Suwandono
Endang Pudjiastuti Sartinah
Budi Purwoko

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan perlakuan model OMS (On Media Social) dalam layanan bimbingan klasikal pada siswa dalam minat studi lanjut ke perguruan tinggi.. Bertujuan Menguji perbedaan keefektifan antara kedua kelompok perlakuan untuk meningkatkan minat studi lanjut bagi siswa kelas XII di SMA Negeri 1 Bluto. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasy Experimental, terdapat kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Sampel menggunakan purposive sampling yakni peserta didik yang memiliki skor tergolong tinggi pada kurangnya minat studi lanjut sebesar 60   siswa yang dibagi dengan 2 kelompok perlakuan. Instrumen penelitian adalah  kuesioner yang telah divalidasi, didukung oleh sumber data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Paired T-Test, metode uji normalitas menggunakan Shapiro-Wilk, dan uji homogenitas menggunakan Test of Homogeneity of Variances.  Hasil uji normalitas berdistribusi normal yakni tergolong parametrik, hasil uji homogenitas semua kelompok adalah homogen, sedangkan hasil uji Paired T-Test adanya perbedaan Peningkatan minat studi lanjut setelah mendapatkan perlakuan dibandingkan sebelum perlakuan, serta perlakuan bimbingan klasikal model OMS  efektif dalam meningkatkan minat studi lanjut. Hendaknya penggunaan model OMS dapat direkomendasikan sebagai salah satu metode dalam memberikan layanan kepada siswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

DAFTAR RUJUKAN

Al, Y. (2019). Perbedaan SMA dan SMK. In Cerdika. cerdika.com. https://cerdika.com/perbedaan-sma-dan-smk/
Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian (pp. 173, 174).
Fadillah, A., Sujana, S., & Sukartaatmadja, I. (2019). Kajian Minat Studi Lanjut Siswa-Siswi SMA dan SMK Kota Bogor Ke Perguruan Tinggi. JAS-PT Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, 3(1), 53. https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i1.229
Hastjarjo, T. D. (2014). Rancangan Eksperimen Acak. Buletin Psikologi, 22(2), 73. https://doi.org/10.22146/bpsi.11455
Idris, R., & Mustari. (2013). Analisis faktor penyebab tidak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi (studi terhadap lulusan SLTA di kecamatan Gandang Batu Sillanan kabupaten Tana Toraja). 53(9), 1689–1699.
Jaedun, A. (2011). Oleh : Amat Jaedun. Metodologi Penelitian Eksperimen, 0–12.
Jayani, I., & Ruffaida, F. S. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 8(1), 274–282.
Kependidikan, K. P. D. K. D. J. G. D. T. K. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA) (K. P. D. K. D. J. G. D. T. KEPENDIDIKAN (ed.); 1st ed.).
Keumala, E., Nurihsan, J., & Budiamin, A. (2018). The development of career learning program with modeling techniques to improve student career awareness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(2), 53–61. https://doi.org/10.25217/igcj.v1i2.270
Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149–2158. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/857
Kustiani, K. P., Sugiharto, D. Y. P., & Anni, C. T. (2019). Minat Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy dan Aspirasi Orangtua. Psychocentrum Review, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.30998/pcr.115
Leksana, D. M. (2015). Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Akademika, 9(2), 290–298. https://doi.org/10.30736/akademika.v9i2.69
M.Prawiro. (2018). Pengertian Media Sosial Secara Umum, Fungsi, Tujuan, Jenis Sosmed. In Maxmanroe.com (1st ed., p. 1). https://www.maxmanroe.com/. https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/internet/pengertian-media-sosial.html
Mochamad Nursalim. (2017). Melalui Pemanfaatan Media “ Baru .” 59–65.
Nastiti, D. (2021). Buku Ajar Asesmen Minat Dan Bakat Teori Dan Aplikasinya. Buku Ajar Asesmen Minat Dan Bakat Teori Dan Aplikasinya. https://doi.org/10.21070/2020/978-623-6833-74-2
Prastiwi, M. (2021). 1,9 Juta Lulusan SMA/SMK/MA di Indonesia Tidak Kuliah. kompas.com. https://www.kompas.com/edu/read/2021/06/29/093000371/1-9-juta-lulusan-sma-smk-ma-di-indonesia-tidak-kuliah?page=all
Purnama, D. R. (2018). Jurnal Universitas Medan Area. Universitas Medan Area, 53(1). http://dx.doi.org/10.1016/j.encep.2012.03.001
Rahmawati, Y., & Santhoso, F. H. (2020). Pelatihan “Perencanaan Lanjut Studi” (PLANS) terhadap Efikasi Diri dalam Pengambilan Keputusan Karier pada Siswa SMP. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP), 6(1), 76. https://doi.org/10.22146/gamajpp.53114
Rosidah, A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 154. https://doi.org/10.26638/jfk.53.2099
Sadewi, A. I., Sugiharto, D., & Nusantoro, E. (2012). Meningkatkan Self Efficacy Pelajaran Matematika Melalui Layanan Penguasaan Konten Teknik Modeling Simbolik. Indonesian Journal of Guidance and Counseling - Theory and Application, 1(2), 7–12. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk/article/view/1606
Sajili, M. (2021). Fenomena Media Sosial (1st ed.). compasiana.com. https://www.kompasiana.com/mohamad59866/60f14bbb06310e6da00d77f4/fenomena-media-sosial
Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. In Jurnal Medtek.
Setiaji, K., & Rachmawati, D. (2017). Minat Melanjutkan Studi Perguruan Tinggi Siswa Smkn Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 52–67. https://doi.org/10.17977/um014v10i12017p052
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d. 456.
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). Bandung: CV Alfabeta, 1–334.
SUTRISNO, E. (2017). JURNAL Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Minat Masuk Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri 2 Boyolangu. Simki-Pedagogia, 01(08), 1–19.
Triono, M. d. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling (Dharna (ed.); 1st ed.). Paramitha.
Wulandari, M. S. (2019). Upaya meningkatkan minat studi lanjut ke perguruan tinggi melalui layanan peminatan dan perencanaan individu peserta didik kelas xi ips man kota tegal tahun pelajaran 2018/2019.
Yulihastuti, N. K. (2019). Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Perencanaan Studi Lanjut Pada Siswa. Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan Dan IPTEK, 15(2), 147–158. https://doi.org/10.33658/jl.v15i2.144