Implementasi Merdeka Belajar Bagi Konselor
Isi Artikel Utama
Abstrak
Merdeka Belajar adalah sebuah gagasan yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dengan pendidikan karakter. Merdeka Belajar diharapkan mampu menciptakan individu yang kritis, kreatif, kolaboratif, dan terampil. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang penerapan prinsip Merdeka Belajar bagi calon konselor untuk menambah khasanah keilmuan calon konselor. Merdeka Belajar adalah sebuah gagasan yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dengan pendidikan karakter. Merdeka Belajar diharapkan mampu menciptakan individu yang kritis, kreatif, kolaboratif, dan terampil. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang penerapan prinsip Merdeka Belajar bagi calon konselor untuk menambah khasanah keilmuan calon konselor.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Andine, S. P. (2020). Implementasi Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Perguruan Tinggi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arifin, S., & Muslim, M. (2020). P-issn 2620-861x e-issn 2620-8628. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 1–11.
Freire, P. (2013). Pedagogy of the oppressed. In The Applied Theatre Reader. https://doi.org/10.4324/9780203891315-58
Industri, R. (2020). Fitrah: Journal of Islamic Education KONSEP KAMPUS MERDEKA BELAJAR DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 ARTICLE HISTORY. 1(1), 141–157. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/index.php/fitrah
Nursalim, M. (2020). Peran Guru BK/ Konselor Dalam Mensukseskan Program Merdeka Belajar. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(2), 11–18. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/81
Pemerintah, P. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 19 tahun 2005 tentang standar nasional pendidikan. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Pendidikan, P. M., & Nomor, K. R. I. (2014). 111 tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Jakarta: Depdikbud. Peraturan Menteri Pendidikan. (2008).
Saleh, M. (2020). “Merdeka Belajar di Tengah Pandemi Covid-19.” Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 51–56. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/8
Savitri, D. I. (2020). Peran Guru SD di Kawasan Perbatasan Pada Era Pembelajaran 5.0 dan Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Vol 2, 274–279. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/view/1392
Sherly, Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2020). Merdeka belajar: kajian literatur. UrbanGreen Conference Proceeding Library, 1, 183–190.
Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588
UU RI. (2005). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.