Penerapan Teknik Self-Management Untuk Mereduksi Stres Akademik Mahasiswa UNUGIRI Bojonegoro Pada Masa Pandemi Covid-19

Isi Artikel Utama

Zeti Novitasari
Vesti Dwi Cahyaningrum

Abstrak

Pandemic Covid-19 menjadikan pembelajaran banyak diselenggarakan secara online dan lebih menuntut mahasiswa untuk lebih aktif. Harapan tersebut ternyata menjadikan stress akademik mahasiswa meningkat. Fenomena tersebut juga terjadi pada mahasiswa UNUGIRI yang ditandai dengan mahasiswa lebih cepat jenuh serta kurangnya waktu mereka menjalin hubungan interpersonal. Salah satu bentuk hal yang direncanakan mampu untuk mereduksi hal tersebut yakni dengan menggunakan teknik self-management. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan teknik self-management dalam mereduksi stress akademik. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan menggunakan metode pretest and posttest control group design. Dari 66 mahasiswa yang dijadikan subyek penelitian, terpilih 12 mahasiswa yang teridikasi mengalami stress akademik dan kemudian ditetapkan sebagai sample penelitian ini. Hasil penelitian yang dianalisis menggunakan teknik Mann Whitney, menunjukan bahwa skor Asymp.Sig. (2-tailed) berada pada angka 0,004 (0,004<0,05). Dari hasil tersebut menunjukan bahwa teknik self-management efektif untuk mereduksi stress akademik mahasiswa.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Atmoko, Adi. 2012. Desain dan Analisis Data. Malang: Universitas Negeri Malang.

Borg, W.R. and Gall,M.D. 1983. Education Research: An Introduction Fourth Edition. New York: Longman Inc.

Corey, G. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT.Refika Aditama.

Cresswell, John W. 2012. Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston: Pearson Education.

Davidson, J. 2001. Manajemen Waktu.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ge, X., Lorenz, F. O., Conger, R. D., Elder, G. H., & Simons, R. L. (1994). Trajectories of stressful life events and depressive symptoms during adolescence. Developmental Psychology, 30, 467–483.

Goff, A.M. 2011. Stressor academic performance and learned resourcefulness in baccalaureate nursing student. International journal of nursing education scholarship 1548

Govarest,S & Gregoire ,J.2004. Stressful academic situations study on appraisal variables in adolescence. British Journal of Clinical Psychologi.216-271

Gregory, R.J.2014. Psychological Testing: History, principle, and Application (7thed). Boston: Pearson

Gusniarti, Uly. 2002. Hubungan antara persepsi siswa terhadap tuntutan dan harapan sekolah dengan derajat stress siswa sekolah plus, Psikologia: Jurnal pemikiran dan Penelitian Psikologi, 13 (7), 53-68.

Jonassen, D., & Tessmer, M. 2004. An outcomes-based taxonomy for the design, evaluation, and research on instructional systems. Training Research Journal

Laursen, E.K. 2005. Rather Than Fixing Kids - Build Positive Peer Cultures. Reclaiming Children and Youth. ProQuest Education Journals. 14. (3).137 – 142.

Potter & Perry (2005). Fundamental of nursing: concept, process & practice. (Asih, Y. et all, Penerjemah). Jakarta: EGC.

Sawatzky et all. 2011. Stress and depression in student: the mediating role of stress management self-efficacy. Nursing Research. 61(1), 13-21.

Shahmohammadi. 2011. Students` coping with stress at high school level particularly at 11th & 12th grade. Jurnal social and behavioral sciences. 30,395-401.

Shaikh, B.T. 2004. Student, stress and coping strategies: a case of Pakistani medical school. Journal education for health. (17), 346-353.

Smeltzer, Bare. 2006. Medical-Surgical Nursing, Brunner and SuddarthVol:2. Jakarta: EGC

Sutanto, Tri. 2015. “Efektivitas Teknik Modeling untuk Meningkatkan Empati Mahasiswa Prodi BK Universitas Ahmad Dahlan”. Jurnal Psikologi dan Konseling. Vol. 1 Nomor 1, 188-198

Sun&Hui. 2011. Building social support for adolescents with suicidal ideation: implication for school guidance and counseling. British Journal of Guidance And Counseling. 35(3), 299 – 316.

Tuckman, B.W., 1999. Conducting Educational Research. 5th Edition. Orlando: Harcourt brace College Publisher

Widianti, Elfri (2007). Remaja dan permasalahannya:bahaya merokok,penyimpangan seks pada remaja dan bahaya penyalahgunaan minuman keras dan narkoba. September 27,2011. http://prov.bkkbn.go.id

Womble. 2001. Impact of Stress Factors on College Students Academic Performance. The University of North Carolina at Charlotte. December 10,.2011. http//journal.com