Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa

Isi Artikel Utama

Eny Kusumawati
Diana Dewi Wahyunigsih
Imam Setyonugroho

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif agar tidak menggangggu kegiatan belajar dan lingkungan sekitar. Penelitian menggunakan jenis penelitian pra eksperimen (pre eksperimen) dengan  One Group Pretest - Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket, uji reliabilitas rumus yang digunakan dengan rumus alpha cronbac, sedangkan Teknik analisis data dlm penelitian ini mengggunakan uji t-test dan hasil analisis uji t-tes.  Berdasarkan hasil penelitian, diketahui hasilnya frekuensi perilaku agresif dapat dikurangi dengan bimbingan kelompok teknik role playing. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analis data menggunakan Uji T-tes dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 <0.05 , maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretes dan postes. Hasil ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh terhadap frekuensi perilaku agresif

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Kusumawati, E., Wahyunigsih, D. D., & Setyonugroho, I. (2021). Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(1), 44-51. https://doi.org/10.29407/nor.v8i1.15693
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Anantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius.

Anne Anastasi. 2007. Tes Psikologi Psychological Testing. Jakarta: Indeks.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Baron, Robert A & Byrne, Donn. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Calhoun, E et al,. 2011. Model Of Teaching Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Huda. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

http://news.liputan6.com/read/2126996/hendak-bantu-temannya-tawuran-pelajarsmp-diciduk-polisi, Diunduh 22 Maret 2015.

http://www.tempo.co/read/news/2013/11/20/064531161/Tawuran-Pelajar-SMPSatu-Orang-Tewas, Diunduh 22 Maret 2015.

Kusmawati, N & Sukardi, Dewa K. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurihsan, Achmad J. 2009. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung: Refika Aditama.

Petrus, Jerizal. 2012. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Budaya Hibualamo Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Vol.1(2).

Romlah, T. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Siddiqah. 2010. Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal Psikolog Universitas Gadjah Mada (Online), Vol. 37(1).

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Suntari, Eria. Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII-E SMP N 1 Barat Magetan. E-Journal Counsellia Jurusan Bimbingan Konseling, Vol. 2(1).

Thalib, Syamsul B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.

Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.