Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Siswa
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi perilaku agresif agar tidak menggangggu kegiatan belajar dan lingkungan sekitar. Penelitian menggunakan jenis penelitian pra eksperimen (pre eksperimen) dengan One Group Pretest - Posttest Design. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket, uji reliabilitas rumus yang digunakan dengan rumus alpha cronbac, sedangkan Teknik analisis data dlm penelitian ini mengggunakan uji t-test dan hasil analisis uji t-tes. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui hasilnya frekuensi perilaku agresif dapat dikurangi dengan bimbingan kelompok teknik role playing. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analis data menggunakan Uji T-tes dimana diperoleh nilai signifikan sebesar 0.000 <0.05 , maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretes dan postes. Hasil ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa layanan bimbingan kelompok teknik role playing berpengaruh terhadap frekuensi perilaku agresif
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Anne Anastasi. 2007. Tes Psikologi Psychological Testing. Jakarta: Indeks.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Baron, Robert A & Byrne, Donn. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Calhoun, E et al,. 2011. Model Of Teaching Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Huda. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
http://news.liputan6.com/read/2126996/hendak-bantu-temannya-tawuran-pelajarsmp-diciduk-polisi, Diunduh 22 Maret 2015.
http://www.tempo.co/read/news/2013/11/20/064531161/Tawuran-Pelajar-SMPSatu-Orang-Tewas, Diunduh 22 Maret 2015.
Kusmawati, N & Sukardi, Dewa K. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurihsan, Achmad J. 2009. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Belakang. Bandung: Refika Aditama.
Petrus, Jerizal. 2012. Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai-Nilai Budaya Hibualamo Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Vol.1(2).
Romlah, T. 2013. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Siddiqah. 2010. Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif Remaja Melalui pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal Psikolog Universitas Gadjah Mada (Online), Vol. 37(1).
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.
Suntari, Eria. Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII-E SMP N 1 Barat Magetan. E-Journal Counsellia Jurusan Bimbingan Konseling, Vol. 2(1).
Thalib, Syamsul B. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.