Pengaruh Layanan Konseling Individu dengan Teknik Modelling untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di SMA Negeri 1 Tambakboyo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Buruknya konsep diri pada remaja salah satunya dapat dilihat dari adanya ketidakpercayaan diri. Siswa yang percaya diri yakin atas kemampuan diri serta memiliki pengharapan yang realistis.Tujuan penelitian eksperimen ini adalah mengurangi pengharapan tidak realistis dengan menggunakan teknik instruksi diri yang dapat mengarahkan siswa untuk mengontrol perilaku dan pemikiran-pemikiran negatif yang menimbulkan rendahnya rasa percaya diri (overt-covert). Hasil analisis uji wilcoxon menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,042<0,05 yang dapat diartikan teknik self instruction dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Muhammadiyah 4 Singosari dengan taraf signifikan 5%. Penggunaan teknik self instruction sebagai alternatif teknik untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dimulai dari prosedur rasional, bimbingan diri sendiri, overt eksternal guidance, overt self guidance, faded overt self guidance, covert self guidance, dan homework.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Dimyati dan Mudjiono.2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta
Hidayat, Dede Rahmat & Aip Badrujaman. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan danKonseling. Jakarta :PT. Indeks.
Sardiman, A.M. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada
Sobur, Alex. 2003. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Melati, Fina (2011). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Permainan Pada Siswa Kelas VII RSBI Di SMP Negeri 3 Batang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang
Nelawati, Cristina (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Jalur Kartu Menuju Sejahtera Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Metode Grub Dynamis Pada Siswa Kelas VIII H Dan Dapat Membuktikan Metode Grub Dynamis Dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa VIII H SMP Negeri 15 Yogyakarta. Sripsi. Universitas Sanata Darma Yogyakarta
Hayani, Tri Wirda ( 2008).Hubungan Antara Medelling Dengan Perilaku Membeli Pakaian Pada Remaja Putri.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Fitriati, Hikmah (2012). tentang penerapan metode modelling untuk meningkatkan hasil belajar materi membuat kerajinan dari kertas pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Karang Jati Banjarnegara. Universitas Negeri Semarang