Peningkatan Kedisiplinan dengan Konseling Kelompok Melalui Teknik Token Economy Bagi Peserta Didik SMPN 3 Banyuates
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan dalam penelitian tinakan bimbingan dan konseling ini adalah untuk meningkatkan perilaku disiplin pada peserta didik. Ada banyak treatment yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan, salah satunya adalah terapi modifikasi perilaku. Dalam penelitian ini menggunakan teknik token economy, yaitu dengan memberikan penguatan positif (positive reinforcement). Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik purposive sampling digunakan pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian, terjadi perubahan perilaku disiplin secara signifikan dari tindakan pemberian token economy pada siklus 1 dan siklus 2
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rinekacipta
Bitar. 2020. Kenakalan remaja: Pengertian,Ciri, Contoh, Penyebab dan Solusinya. www.gurupendidikan.co.id. (diakses 18 September 2020)
Curwin, L.R., Mendler, N.A., & Brian, D.M. (2018). Discipline with Dignity. USA: ASCD.
Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.
Diananda Amita. 2018. Psikologi remaja dan permasalahannya. https://www.researchgate.net/publication/331705902_PSIKOLOGI_REMAJA_DAN_PERMASALAHANNYA (diakses 18 September 2020)
Garry, M. (1999). Behavior Modification: What It Is and How to Do It. (6th ed.) Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall.
Hikmah Nurul. 2016. Peran post test terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 11 Makassar. Jurusan PPKn FKIP UNM
Hurlock. 2000. “Psikologi Perkembangan”. (Jakarta:PT.Gelora Aksara Pratama)
Martin. Garry& Pear. Joseph. 2015. Modifikasi Perilaku: Makna dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mufidah Umri. 2013. Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP UNNES
Mughnifar Ilham. 2020. 25 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli. https://www.materi.carageo.com/pengertian-observasi-menurut-para-ahli/ (diakses 18 September 2020)
Purwanta, Edi. 2015. Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Salamadian. 2017. https://salamadian.com/teknik-pengambilan-sampel-sampling/ (diakses 18 September 2020)
Suharsono. 2019. Pendalaman Materi Bimbingan Konseling. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.