Peningkatan Kedisiplinan dengan Konseling Kelompok Melalui Teknik Token Economy Bagi Peserta Didik SMPN 3 Banyuates

Isi Artikel Utama

Titie Nurhayati

Abstrak

Tujuan dalam penelitian tinakan bimbingan dan konseling ini adalah untuk meningkatkan perilaku disiplin pada peserta didik. Ada banyak treatment yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan, salah satunya adalah terapi modifikasi perilaku. Dalam penelitian ini menggunakan teknik token economy, yaitu dengan memberikan penguatan positif (positive reinforcement). Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik purposive sampling digunakan pada penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan selama penelitian, terjadi perubahan perilaku disiplin secara signifikan dari tindakan pemberian token economy pada siklus 1 dan siklus 2

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Nurhayati, T. (2020). Peningkatan Kedisiplinan dengan Konseling Kelompok Melalui Teknik Token Economy Bagi Peserta Didik SMPN 3 Banyuates. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(1), 57-63. https://doi.org/10.29407/nor.v7i1.15067
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Afid, Burhanuddin. 2013. https://afidburhanuddin.wordpress.com/2013/09/24/pengumpulan-data-dan-instrumen-penelitian-6/ . (diakses 18 September 2020).

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rinekacipta

Bitar. 2020. Kenakalan remaja: Pengertian,Ciri, Contoh, Penyebab dan Solusinya. www.gurupendidikan.co.id. (diakses 18 September 2020)

Curwin, L.R., Mendler, N.A., & Brian, D.M. (2018). Discipline with Dignity. USA: ASCD.

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung: Rafika Aditama.

Diananda Amita. 2018. Psikologi remaja dan permasalahannya. https://www.researchgate.net/publication/331705902_PSIKOLOGI_REMAJA_DAN_PERMASALAHANNYA (diakses 18 September 2020)

Garry, M. (1999). Behavior Modification: What It Is and How to Do It. (6th ed.) Upper Saddle River, New Jersey: Prentice-Hall.

Hikmah Nurul. 2016. Peran post test terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 11 Makassar. Jurusan PPKn FKIP UNM

Hurlock. 2000. “Psikologi Perkembangan”. (Jakarta:PT.Gelora Aksara Pratama)

Martin. Garry& Pear. Joseph. 2015. Modifikasi Perilaku: Makna dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mufidah Umri. 2013. Efektivitas Pemberian Reward Melalui Metode Token Ekonomi Untuk Meningkatan Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP UNNES

Mughnifar Ilham. 2020. 25 Pengertian Observasi Menurut Para Ahli. https://www.materi.carageo.com/pengertian-observasi-menurut-para-ahli/ (diakses 18 September 2020)

Purwanta, Edi. 2015. Modifikasi Perilaku. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Salamadian. 2017. https://salamadian.com/teknik-pengambilan-sampel-sampling/ (diakses 18 September 2020)

Suharsono. 2019. Pendalaman Materi Bimbingan Konseling. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.