Metode Pengembangan Social Question Pada Anak Dalam Perspektif Pembimbing
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kecerdasan sosial saat ini dipandang sebagai faktor penentu keberhasilan seorang anak dalam pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah menguraikan terkait kecerdasan sosial anak dan metode untuk mengembangkan kecerdasan sosial anak. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang secara langsung dilakukan pada obyek yang diteliti guna menghasilkan data-data yang diperlukan dan untuk menjawab rumusan masalah yaitu: bagaimana pemahaman pembimbing tentang kecerdasan sosial pada anak dan metode pembimbing dalam mengarahkan anak untuk mengembangkan kecerdasan sosial di TK Pembina I Putussibau. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap sumber data penelitian yang meliputi: guru pembimbing di TK Pembina I Putussibau, siswa, brosur dan kurikulum. Metode deskriptif kualitatif digunakan sebagai analisis data dengan cara data yang tersedia diolah selama penelitian selanjutnya secara sistematis diinterpretasikan ke dalam laporan. Diketahui hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pemahaman pembimbing tentang kecerdasan sosial pada anak adalah bahwa kecerdasan sosial merupakan kemampuan yang ditunjukkan anak saat berinteraksi dengan orang lain atau lingkungan sosial. 2) Metode yang digunakan pembimbing dalam mengembangkan kecerdasan sosial anak secara praktis adalah dengan bimbingan individu dan kelompok, sedangkan secara teoritis pendekatan yang digunakan pembimbing adalah pendekatan kognitif dan social learning dari Albert Bandura.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Ahmad Tafsir. 2004. Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Alo Liliweri. 1991. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Arifin. 1982. Pedoman Pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan Agama. Jakarta: Golden Terayon.
Aunur Rahim Faqih. 2001. Bimbingan dan Konseling dalam Islam. Yogyakarta: UII Press.
Ayke S. Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo.
Bandura, Albert. 1977. Social Learning Theory. Prentice-Hall, Inc., New Jersey.
Damayanti, Ria, dkk. 2013. Studi Kasus Dampak Psikologis Bullying Pada Siswa Tunarungu Di Smk Negeri 30 Jakarta. Insight Jurnal Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Vol. 2 No. 2: 89.
Desmita. 2006. Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dewa Ketut Sukardi. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT Reneka Cipta.
Edy Gustian. 2001. Mempersipakan Anak memasuki Usia Sekolah. Jakarta: Puspawara.
Elizabeth B. Hurlock. 1992. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Erlangga.
Hadi Suyono. 2007. Social Intelligence: Cerdas Meraih Sukses bersama Orang lain dan Lingkungan. Yogyakarrta: Ar-Ruzz media.
Hibana S. Rahman. 2003. Bimbingan dan Konseling Pola 17. Yogyakarta: UCY Press.
L.Tubbs, Stewart & Moss, Sylvia. 2008. Human Communication : Prinsip-prinsip Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Meleong. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mansur. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Masri Singarimbun dan Sofyan Effendi. 1984. Metodologi Survei. Jakarta: LP3ES.
Safaria, T. 2005 . Interpersonal Intelligence. Yogyakarta: Amara Books.