Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa Dengan Teknik Miracle Question Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Sumberrejo
Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu unsur pembentuk identitas diri siswa dibidang akademik yakni konsep diri akademik. Beberapa kasus siswa yang belum tercapai hasil belajarnya atau belum adanya pemahaman dalam pelajaran tertentu itu akibat karena belum memahami konsep diri akademik mereka itu sendiri. Bimbinganonseling di Sekolah sebagai wadah dalam memberikan layanan kepada peserta didik sangat diperlukan dalam memberikan layanan konseling. Salah satu layanan yang diberikan adalah konseling kelompok..Adapun teknik yang diberikan dalam layanan konseling kelompok dalam penelitian ini adalah teknik miracle question, melalui teknik ini siswa akan berkolabrasi dengan konselor dalam layanan konseling kelompok dalam mencari solusi sehingga dapat melakukan perubahan pada diri individu sehingga dapat meningkatkan konsep diri akademik yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa dan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yakni siklus 1 dan 2. Hasil perubahan siklus 1 dan 2 yakni ada peningkatan 10% ke arah kategori sangat tinggi, dan 7% subyek menjadi kategori tinggi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Hattie, J.2014. Self Concept. New York. Psychology Press.
Hurlock, Elizabeth B. 2003. Psikologi Perkembangan : Suatu Teknik Sepanjang Rentang
Kehidupan (Edisi Kelima). Terjemahan. Jakarta : Erlangga.
Khafiya, Nida.H. 2018. Konsep Diri Akademik Pada Siswa MTS (Studi) Pada Siswa Yang berasal dari SD Umum. Fakultas Psikologi.Universitas Muhammadiyah Malang.
Mulawarman. 2014. Brief Counseling in Schools: a Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) Approach for School Counselor in Indonesia. Journal of Education and Practice, 5(21) : 68-72.
Saifullah. 2015. Hubungan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Jurnal lisan. Volume 7, No.2
Susanto, Hadi. 2016. Konsep Diri Akademis. https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2016/08/24/ (Tanggal Akses: 13 September 2020)