Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa Dengan Teknik Miracle Question Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Sumberrejo

Isi Artikel Utama

Susilawati

Abstrak

Salah satu unsur pembentuk identitas diri siswa dibidang akademik yakni konsep diri akademik. Beberapa kasus siswa yang belum tercapai hasil belajarnya atau belum adanya pemahaman dalam pelajaran tertentu itu akibat karena belum memahami konsep diri akademik mereka itu sendiri. Bimbinganonseling di Sekolah sebagai wadah dalam memberikan layanan kepada peserta didik sangat diperlukan dalam memberikan layanan konseling. Salah satu layanan yang diberikan adalah konseling kelompok..Adapun teknik yang diberikan dalam layanan konseling kelompok dalam penelitian ini adalah teknik miracle question, melalui teknik ini siswa akan berkolabrasi dengan konselor dalam layanan konseling kelompok dalam mencari solusi sehingga dapat melakukan perubahan pada diri individu sehingga dapat meningkatkan konsep diri akademik yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri akademik siswa dan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yakni siklus 1 dan 2. Hasil perubahan siklus 1 dan 2 yakni ada peningkatan 10% ke arah kategori sangat tinggi, dan 7% subyek menjadi kategori tinggi.


 

Downloads

Download data is not yet available.

Rincian Artikel

How to Cite
Susilawati, S. (2020). Meningkatkan Konsep Diri Akademik Siswa Dengan Teknik Miracle Question Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 2 Sumberrejo . Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 7(1), 30-36. https://doi.org/10.29407/nor.v7i1.15054
Bagian
Artikel
Bookmark and Share

Referensi

Budiarsi, A.P, &Zen, E.F.2016. Studi kasus konsep diri akademik siswa sekolah dasar. Jurnal kajian bimbingan dan konseling. Vol, no 3, hal. 112-117di kasus konsep diri

Hattie, J.2014. Self Concept. New York. Psychology Press.

Hurlock, Elizabeth B. 2003. Psikologi Perkembangan : Suatu Teknik Sepanjang Rentang

Kehidupan (Edisi Kelima). Terjemahan. Jakarta : Erlangga.

Khafiya, Nida.H. 2018. Konsep Diri Akademik Pada Siswa MTS (Studi) Pada Siswa Yang berasal dari SD Umum. Fakultas Psikologi.Universitas Muhammadiyah Malang.

Mulawarman. 2014. Brief Counseling in Schools: a Solution-Focused Brief Counseling (SFBC) Approach for School Counselor in Indonesia. Journal of Education and Practice, 5(21) : 68-72.

Saifullah. 2015. Hubungan konsep diri akademik dengan prestasi akademik. Jurnal lisan. Volume 7, No.2

Susanto, Hadi. 2016. Konsep Diri Akademis. https://bagawanabiyasa.wordpress.com/2016/08/24/ (Tanggal Akses: 13 September 2020)