Pengembangan Media Google Site dalam Bimbingan Klasikal di SMAN 1 Sampung
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media bimbingan klasikal yang dapat diakses melalui smartphone dan memenuhi unsur-unsur kelayakan melalui uji coba ahli pengguna, dan uji coba lapangan. Selain itu, melalui kegiatan pengembangan ini, diharapkan juga dapat memberikan konten internet yang positif. Model pengembangan mengadaptasi konsep ASSURE, yaitu melalui langkah-langkah: menganalisis karakteristik peserta didik, standar dan tujuan, memilih strategi-teknologi-media dan bahan, menggunakan teknologi, media dan bahan, memerlukan partisipasi peserta didik, mengevaluasi dan merevisi. Uji kelayakan, berdasarkan konsep ACTIONS, menghasilkan skor 317 dengan skor maksimum 340, tingkat kelayakan mencapai 93%. Sedangkan dari uji lapangan yang dilakukan di kelas XII IPA 1 dengan fokus utama pengamatan terhadap indikator perilaku keaktifan, skor total 1417 dengan skor maksimum 1450, tingkat aktivitas adalah 97,72%. Berdasarkan hasil uji ahli oleh guru BK yang sudah bersertifikat pendidik dan data hasil uji lapangan, ditemukan bahwa media web google site diterima dan cocok sebagai media bimbingan klasikal. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih luas disarankan menyusun media untuk konten materi lainnya.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Bhakti, Caraka Putra & dkk, 2018, Blended Learning: Metode Alternatif Dalam Layanan Bimbingan Klasikal, Prosiding Online seminar nasional dan Workshop Bimbingan dan konseling 2018 UNISKA.
Bangun, Br Nurita dan Saragih, A Hasan. 2015. Pengembangan Media Web Bimbingan Konseling. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Vol 2, No 1, Juni 2015, p-ISSn: 2355-4983; e-ISSN: 2407-7488. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2019 pada laman https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/teknologi/article/view/3285/2953.
Bates, A.W. (1995) Technology, open learning and distance education. London: Routledge.
Google site. sagusanove sites. diakses pada 7 Agustus 2019, dari https://sites.google.com/view/sitessagusanov/beranda.
Google site. tutorial site .diakses pada 7 Agustus 2019, dari https://Site.google.com/site/tutorialSiteums/definisi.
Heinich, R., Molenda, M., dan Russel, J. (2005). Instructional Technology and Media of Learning. New Jersey: Meril Prentice Hall.
Kemendikbud, 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kemendikbud. 2016. Pedoman BK Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kemendikbud. 2008. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Rakhmawati, Dini. 2017. Konselor Sekolah Abad 21: Tantangan dan Peluang. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 3 No. 1 (Januari-Juni 2017) Print ISSBN 2460-1187, Online ISSBN 2503-281X. Diakses pada tanggal 7 Agustus 2019 melalui laman https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/1067/1065
Rudi, S., & Cepi, R. (2008). Media Pembelajaran. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Sanjaya, Wina (2008). Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Bandung: Kencana.
Susana, Tjipto. 2012. Kesetiaan pada Panggilan di Era Digital. Orientasi Baru. Vol. 21. No. 1. Hal. 55-78.
Zimoek, 2016, School Counseling Classroom Guidance: Prevention, Accountability, and Outcomes, Counseling and Professional Identitiy, America.