Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Statistik Menggunakan Modul Berbasis Kecerdasan Linguistik
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kegiatan literasi menjadi unsur yang sulit dipisahkan dalam berbagai aktivitas saat ini. Kegiatan literasi berperan penting guna mewujudkan pembangunan pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi literasi dalam pembelajaran Statistik menggunakan modul berbasis kecerdasan linguistik. Fokus penelitian ini meliputi tiga hal pokok yaitu (1) perancangan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, aspekliterasi sudah diimplementasikan dalam perancangan pembelajaran yang terdokumentasi ke dalam Silabus, RPS, RPP, serta Kontrak Kuliah. Kedua, aspek literasi sudah diimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran yang tercermin melalui kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran. Ketiga, aspek literasi sudah diimplementasikan dalam evaluasi pembelajaran yang terdokumentasi dalam penugasan dan soal latihan. Hasil dari penelitian ini memiliki dampak positif untuk memperkaya khasanah penelitian,khususnya terkait dengan implementasi literasi dalam pembelajaran. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa aspek literasi sudah diimplementasikan dalam pembelajaran statistik menggunakan modul berbasis kecerdasan linguistik, mulai dari perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasidalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65-77.https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.63
Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Atmazaki et al. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ibrahim, G. A. et al. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kirom, S. (2017). Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Siswa melalui Pembelajaran Sastra dengan Model Permainan Gobak Sodor. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. 2(2), 93─102. Retrieved from http://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/39
Kirom, S. (2018). Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal pada Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 40-52. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2243
Saryono, Dj. et al. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Uno, H. B. & Nurdin M. (2014). Belajar dengan Pendekatan PembelajaranAktif Inovatif Lingkungan Kreatif EfektifMenyenangkan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam. 7(2), 229─244. Retrieved fromhttps://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/284