Implementasi Literasi dalam Pembelajaran Statistik Menggunakan Modul Berbasis Kecerdasan Linguistik

Isi Artikel Utama

Sabitul Kirom

Abstrak

Kegiatan literasi menjadi unsur yang sulit dipisahkan dalam berbagai aktivitas saat ini. Kegiatan literasi berperan penting guna mewujudkan pembangunan pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter untuk meningkatkan produktivitas serta daya saing. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang implementasi literasi dalam pembelajaran Statistik menggunakan modul berbasis kecerdasan linguistik. Fokus penelitian ini meliputi tiga hal pokok yaitu (1) perancangan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran, (3) dan evaluasi pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut. Pertama, aspekliterasi sudah diimplementasikan dalam perancangan pembelajaran yang terdokumentasi ke dalam Silabus, RPS, RPP, serta Kontrak Kuliah. Kedua, aspek literasi sudah diimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran yang tercermin melalui kegiatan-kegiatan dalam proses pembelajaran. Ketiga, aspek literasi sudah diimplementasikan dalam evaluasi pembelajaran yang terdokumentasi dalam penugasan dan soal latihan. Hasil dari penelitian ini memiliki dampak positif untuk memperkaya khasanah penelitian,khususnya terkait dengan implementasi literasi dalam pembelajaran. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa aspek literasi sudah diimplementasikan dalam pembelajaran statistik menggunakan modul berbasis kecerdasan linguistik, mulai dari perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Abidin, Y. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ainiyah, N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasidalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(1), 65-77.https://doi.org/10.35316/jpii.v2i1.63

Aman. (2011). Model Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.

Atmazaki et al. (2017). Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ibrahim, G. A. et al. (2017). Peta Jalan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kirom, S. (2017). Menanamkan Nilai Pendidikan Karakter pada Siswa melalui Pembelajaran Sastra dengan Model Permainan Gobak Sodor. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains. 2(2), 93─102. Retrieved from http://ibriez.iainponorogo.ac.id/index.php/ibriez/article/view/39

Kirom, S. (2018). Penguatan Karakter Diri Melalui Pembelajaran Drama Berbasis Kearifan Lokal pada Mahasiswa. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(1), 40-52. https://doi.org/10.21067/jip.v8i1.2243

Saryono, Dj. et al. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Uno, H. B. & Nurdin M. (2014). Belajar dengan Pendekatan PembelajaranAktif Inovatif Lingkungan Kreatif EfektifMenyenangkan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahidin, U. (2018). Implementasi Literasi Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Edukasi Islam: Jurnal Pendidikan Islam. 7(2), 229─244. Retrieved fromhttps://jurnal.staialhidayahbogor.ac.id/index.php/ei/article/view/284