Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Belajar Siswa SMK Dengan Layanan Bimbingan Teknik Problem-Based Introduction

Isi Artikel Utama

Wijayanti

Abstrak

Kemampuan menyelesaikan masalah belajar siswa SMK merupakan elemen penting dalam pencapaian prestasi belajar yang optimal dankehidupan sehari-hari. Pentingnya kemampuan ini belum optimal pada kalangan siswa SMK. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut peneliti perlu menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik problem-based introduction yang relevan dengan kemampuan yang ingin dicapai. Dengan demikian tujaun penelitian ini adalah untuk mengetahi penerapan layanan bimbingan dengan teknik problem-based introduction untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah belajar siswa SMK. Untuk mencapai tujuan, peneliti menggunakan metode penelitian tindakan dalam BK (PTBK) sebanyak 2 siklus pada 50 siswa, yang diambil dari populasi sebanyak 2004 siswa SMK secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan ketercapaian kriteria sebanyak 46% pada siklus pertama dan sisanya 64% dicapai pada siklus kedua. Dengan ketercapaian itu dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan dengan teknik problem-based introduction dapat diterpkan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah belajar siswa SMK.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Rincian Artikel

Bagian
Artikel

Referensi

Afflerbach, P., Cho, B. Y., & Kim, J. Y. (2015) Conceptualizing and Assessing High-Order Thinking in Reading. Theory into Practice, 54(3) 203-212. https://doi.org/10.1080/00405841.2015.1044367.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aquirista, F. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn SIswa Kelas V SDN Bareng 3 Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Dahar, R. W. 1998. Teori-teori Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Ke-budayaan, Dirjen Dikti, P2LPTK.

Fauziah. (2017). Penerapan Pendekatan Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas XII RPL B SMK Negeri Cimahi. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 4(2) 1-6. https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2pq-6.635.

Hasan, Z. (2015) Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Introduction di Kelas X/MIA-4 SMAN 1 Sumenep Tahun Pelajaran 2013/2014. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA 5(1), 35-50. https://doi.org/10.24929/fkip.v5i1.225.

Hitipeuw, Imanuel. 2009. Belajar & Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munir, M. (2012) Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) dalam Desain Printed Circuit Board (PCB) Bagi Mahasiswa Prodi T. Elektronika (D3) dan P.T. Elektronika (S1) FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 21(1), 60-66. https://doi.org/10.21831/jptk.v21i1.3340.

Mustaji. 2018. Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Absolute Media.

Nora, Muliyandari. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Introduction (PBI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA siswa Kelas VI di SDN Purwantoro 2 Kota Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FIP UM.

Safitri, R. R., Atrup, A., & Hanggara, G. S. (2018). Problem Solving dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMK. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri (e-journal), 5(2), 83-88. https://doi.org/10.29407/nor.v5i2.13079.

Senjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran; Berorientasi Standard Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyanto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.