Pengaruh Layanan Informasi Menggunakan Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Sekolah Dasar
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pemahaman karir dimaknai sebagai usaha individu untuk memahami diri baik sikap, kemampuan, dan minatnya. Pentingnya pemahaman terhadap informasi karir dan dunia kerja menjadi tugas tersendiri bagi individu. Di Sekolah Dasar (SD) pemahaman karir merupakan permasalahan yang sering dialami siswa. Hal ini muncul saat siswa merasa tidak yakin akan memilih jenjang karir apa di masa depan dan bagaimana menyusun strategi agar kemampuan dan cita-citanya dapat terwujud. Siswa juga belum dapat menentukan kemampuan, bakat dan minat yang dimilikinya sehingga menyebabkan kebingungan dan tentu membutuhkan bimbingan. peneliti memandang perlu untuk menerapkan layanan informasi menggunakan papan bimbingan sebagai upaya membantu siswa meningkatkan pemahaman karirnya. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design yang menggunakan desain penelitian equivalent time series design. Atas dasar hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan layanan informasi menggunakan papan bimbingan dapat mempengaruhi pemahaman karir siswa sekolah dasar. Analisis kelompok dilakukan dengan cara mentabulasi dan menggambarkan grafik skor pretest dan postest. Secara visual, hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pemahaman karir yang meliputi pemahaman diri dan pemahaman dunia kerja. Kesimpulan yang dapat diperoleh adalah temuan teoritis dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi dalam bidang bimbingan mengenai pemahaman karir pada siswa sekolah dasar, hal ini dilihat dari meningkatnya hasil test.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
Referensi
Depdiknas.2007.Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal.Jakarta.
Fitrianti, Abd. Munir, & Munifah. 2017. Pengaruh layanan informasi Kebersihan Kelas Disertai Papan Bimbingan Terhadap Perilaku Menjaga Kebersihan Kelas Siswa SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Konseling & Psikoedukasi, Vol. 2 No.2, Hal. 1-14.
Frandikga, Agnes Sella Inu & Hartini, Sri. 2018. Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Papan Bimbingan Terhadap Sikap Kemandirian Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018. Medikons, Vol 4, No 2, Hal. 1- 9.
Gibson, Robert L dan Marianne H. Mitchell. 2011. Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gladding. 2012. Konseling: Profesi yang Menyeluruh (Edisi Keenam). Jakarta: Indeks.
Holland J. 1985. Making Vocational Choices A Theory Of Vocational Personalities & Work Environments. Prentice-Hall: New Jersey.
Wijaya, Aditya Dani. 2017. Tingkat Pemahaman Karier Siswa SD Kelas Rendah Di Kecamatan Banguntapan, The Level Of Understanding Career Of Low Grades Elementary School. E-Journal Bimbingan dan Konseling UNY, Vol. 6, No. 3, Hal. 239-251.