PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SMP

Main Article Content

Diani Nurhajati

Abstract

AbstrakPemerintah Indonesia telah berusaha menerbitkan buku siswa dan buku guru untuk membantu guru-gurudalam menerapkan Kurikulum 2013, termasuk untuk pelajaran bahasa Inggris. Namun buku yang bersifatactivity based book ini merupakan contoh minimal untuk diterapkan di semua wilayah di Indonesia. Buku inidapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan minimal siswa sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL),Kompetensi Inti dan Kompetenesi Dasar. Idealnya guru yang mengajar di sekolah yang memiliki siswa dengankemampuan di atas rata-rata, harus menambah materi agar pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggrissiswa berkembang. Namun berdasarkan studi pendahuluan, ditemukan bahwa tidak semua guru di sekolahyang telah menerapkan K-13, mengembangkan bahan ajar sesuai kebutuhan siswanya. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pengembangkan suplemen bahan ajar BahasaInggris yang sesuai dengan kebutuhan siswa kelas VII di Kota Kediri. Proses pengembangan inimenggunakan model pengembangan Willis yaitu R2D2 (Reflective, Recursive, Design and Development).Kualitas hasil pemgembangan yang berupa buku suplemen dinilai dari tiga aspek, yaitu kesahihan, efektivitasdan kepraktisan. Diharapkan penelitian ini akan menghasilkan produk yaitu 1)  suplemen buku ajar bahasaInggris untuk siswa di Kota Kediri, 2) buku guru sebagai pedoman guru dalam melaksanakan pembelajaranbahasa Inggris dan penilaian untuk siswa.
Kata Kunci: Pengembangan Suplemen Bahan Ajar, Bahasa Inggris, Siswa Kelas VII

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nurhajati, D. (2015). PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA SMP. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/170
Section
Artikel