MENGENALKAN HURUF MELALUI LONCAT ABJAD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Main Article Content
Abstract
Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran kemampuan mengenal huruf melalui permainan LoncatAbjad pada anak usia 4-5 tahun di TK Kusuma Mulia II Banyakan. Dalam pendidikan anak usia dini atau TK anak mulaidiperkenalkan bentuk huruf. Untuk bisa membaca, anak harus terlebih dahulu menghafalkan semua bentuk huruf.Sebelum mengenal kalimat, agar dapat lancar membaca, langkah awal yang diharuskan adalah memahami danmenghafalkan huruf-huruf yang ada. Jika pemahaman tentang huruf kurang maka kemampuan menguasai kalimat ataumembaca juga kurang.Penelitian ini dilakukan pada Kelompok A TK Kusuma Mulia II Banyakan Kabupaten Kediri Tahun Pelajaran 2014-2015,yang berusia antara 4-5 tahun dengan jumlah subjek sebanyak 24 anak, terdiri dari 12 anak laki-laki dan 12 anakperempuan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus.Teknik memperoleh data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan dokumentasi dengan alatpengumpul data berupa panduan observasi guru dan panduan observasi anak serta dokumentasi yaitu RencanaKegiatan Harian. Analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif dengan rumus persentase.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran melalui Loncat Abjad dapat meningkatkankemampuan mengenal huruf pada anak di kelompok A TK Kusuma Mulia 2 Banyakan dengan persentase pada siklus Isebesar 53,12%, siklus II menjadi sebesar 68,75% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi sebesar 79,17%.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Khan, R. I. (2015). MENGENALKAN HURUF MELALUI LONCAT ABJAD PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Nusantara of Research : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2(2). Retrieved from https://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor/article/view/179
Issue
Section
Artikel
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License