HUBUNGAN TINGKAT EKONOMI KELUARGA DENGAN TINGKAT PENDIDIKAN ANAK DI DESA SUMBER CANGKRING KECAMATAN GURAH KABUPATEN KEDIRI
Abstract
Tingkat pendapatan seseorang dengan tingkat pendidikan mempunyai keterkaitan erat, yaitu tingkat pendidikan yang tinggi memerlukan dana yang memadai. Tentunya dana sekolah sangat terkait dengan tingkat ekonomi keluarga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan antara tingkat ekonomi keluarga dengan tingkat pendidikan anak di Desa Sumber Cangkring Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Desain penelitian ini adalah korelasional. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua yang mempunyai anak usia sekolah di desa Sumber Cangkring tahun 2010 dengan jumlah 103 Kepala Keluarga dengan sampel 100 dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan uji korelasi product moment dengan interval kepercayaan r tabel 95% = 0,195. Didapatkan tingkat ekonomi mayoritas berada dalam tingkat ekonomi bawah 54 orang (54 %), tingkat ekonomi menengah 28 orang (28 %) dan tingkat ekonomi atas sebanyak 18 orang (18 %). Sedangkan tingkat pendidikan anak diperoleh tingkat pendidikan anak yang diselesaikan pada tingkat dasar sebanyak 17 orang (17 %), tingkat menengah sebanyak 60 orang (61 %) dan pada tingkat perguruan tinggi sebanyak 22 orang (22 %). Dari pengolahan data dengan uji korelasi product moment menunjukkan bahwa r hitung lebih besar dari r tabel. Didapatkan bahwa r hitung 0,374 > t tabel dengan interval kepercayaan r tabel 95% = 0,195 maka ada hubungan yang signifikan antara tingkat ekonomi keluarga dengan tingkat pendidikan anak di Desa Sumber Cangkring Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri. Dari hasil penelitian ini diharapkan para kepala keluarga sadar akan pentingnya kelanjutan pendidikan anak untuk meningkatkan taraf hidup keluarga dan menekan jumlah angka pengangguran.
Kata Kunci: Tingkat Ekonomi, Keluarga, Tingkat Pendidikan, Anak.
References
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.