Pendampingan Ibu Jamaah Masjid Hayatul Islam Sumbergempol dalam Pengasuhan Anak tanpa Gadget
DOI:
https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25313Keywords:
Pengasuhan anak, Gadget, Metode PARAbstract
Tujuan dari adanya pengabdian kepada masyarakat tentang pengasuhan anak tanpa gadget ini adalah memberikan pemahaman tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget pada anak, dan memberikan strategi yang dapat dilakukan orangtua agar dapat melakukan pengasuhan tanpa menggunakan gadget. Pengabdian kepada masyarakat ini akan menggunakan metode Participatory Action Research (PAR). Pada metode ini, peneliti dan peserta bekerja sama untuk memahami keadaan dan mengubahnya menjadi lebih baik. Langkah yang dilakukan dalam metode PAR adalah To Know, To Understand, To Plan, dan To Change. Orangtua yang notabene belum memiliki wawasan dan pengetahuan tentang gadget untuk anak, ternyata bisa diberikan pemahasan terkait hal tersebut. Sehingga orangtua mampu memberikan aturan pada anak terkait penggunaan gadget. Orangtua juga akhirnya memiliki wawasan terkait kegiatan apa saja yang bisa dilakukan bersama anak sebagai pengganti gadget agar penggunannya dapat terkontrol.
Downloads
References
Ady Dharma, D. S. (2023). Membaca Peran Teori Ekologi Bronfenbrenner dalam Menciptakan Lingkungan Inklusif di Sekolah. SPECIAL Special and Inclusive Education Journal, 3(2), 115–123. https://doi.org/10.36456/special.vol3.no2.a6642
Aizah, S., Mudzakkir, M., Wijayanti, E. T., Fitriana, S., Faruq, N. Z. A., K, R. A., Mahrufi, M. A., Aini, P. N., & Kurniawati, E. D. (2023). Deteksi Dini Tumbuh Kembang Siswa Paud Laboratorium School Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.29407/dimastara.v3i1.21539
Apriani, H. A. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). 6(2).
Falera, A. (2024). Optimalisasi Stimulasi Motorik Halus sebagai Kegiatan Pra Menulis Anak Usia Dini dengan kecenderungan Disgrafia. Efektor, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.29407/e.v11i2.23768
Ibda, F. (2015). PERKEMBANGAN KOGNITIF: TEORI JEAN PIAGET. 3.
Jalilah, S. R. (2021). Analisis Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Fisik dan Perubahan Perilaku pada Anak Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 28–37. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1716
Lesilolo, H. J. (2019). PENERAPAN TEORI BELAJAR SOSIAL ALBERT BANDURA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SEKOLAH. KENOSIS: Jurnal Kajian Teologi, 4(2), 186–202. https://doi.org/10.37196/kenosis.v4i2.67
Naulia, R. P., Lestari, N. I., & Ridlo, M. (2021). Kualitas Tidur Anak Usia Sekolah dalam Penggunaan Gadget di Pancoran Mas, Depok. Indonesian Journal of Nursing Scientific, 1(1), Article 1.
Sofiana, S. N. A., Fakhriyah, F. F., & Oktavianti, I. O. (2023). Dampak Penggunaan Gadget Pada Perkembangan Emosional dan Kognitif Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Indonesian Gender and Society Journal, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.23887/igsj.v3i2.50414
Suardipa, I. P. (2020). PROSES SCAFFOLDING PADA ZONE OF PROXIMAL DEVELOPMENT (ZPD) DALAM PEMBELAJARAN. 4(1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ana Falera

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0