Pengembangan Modul Ajar Inovatif: Integrasi Kegiatan Penguatan Numerasi pada Mata Pelajaran Non-Matematika
DOI:
https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25107Keywords:
Modul Ajar; Numerasi; Mata Pelajaran Non-MatematikaAbstract
Pengembangan numerasi dapat dilakukan melalui pembelajaran yang mempraktikkan numerasi dalam kehidupan sehari-hari. Integrasi numerasi dalam mata pelajaran non-matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah nyata. Pelatihan ini bertujuan untuk membimbing guru menyusun modul ajar inovatif yang mengintegrasikan kegiatan penguatan numerasi pada mata pelajaran non-matematika untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bendet Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Yang menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah sepuluh guru-guru di SDN Bendet. Metode pelatihan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu; persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru telah mampu menyusun modul ajar yang mengintegrasikan kegiatan numerasi pada mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, dan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selanjutnya guru juga mampu menerapkan perencanaan integrasi kegiatan numerasi yang telah disusun dalam proses pembelajaran nyata di kelas. Disarankan kepada SDN Bendet untuk mendorong guru-guru yang lain untuk menyusun modul ajar mapel non-matematika yang lain yang mengintegrasikan kegiatan numerasi dan selanjutnya juga dapat mengimbaskannya pada sekolah-sekolah yang lain.
Downloads
References
[1] Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. Adding it up: Helping children understand math. National Academy Press, 2001.
[2] NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). Principles and standards for school mathematics. NCTM, 2000.
[3] Kemendikbud Dirjend PAUD DIKDAS dan DIKMEN. Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.
[4] Schoenfeld, A. H . Making mathematics work. National Academy Press. 2002.
[5] Hiebert, J., & Wearne, D. Instructional tasks, classroom discourse, and students' learning in second-grade arithmetic. American Educational Research Journal, 30(2), 393-425, 1993.
[6] Greer, B. The growth of mathematical understanding. Journal of Mathematical Behavior, 23(2), 137-154, 2004.
[7] Niss, M. Aspects of the concept of 'key competencies' in mathematics education. For the Learning of Mathematics, 19(2), 2-11, 1999.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Diani Nurhajati, Yunik Susanti, Dewi Kencanawati, Risa Ananda Yuanita, Rizka Clarissa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0