Pengembangan Modul Ajar Inovatif: Integrasi Kegiatan Penguatan Numerasi pada Mata Pelajaran Non-Matematika

Authors

  • Diani Nurhajati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Yunik Susanti Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Dewi Kencanawati Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Risa Ananda Yuanita Universitas Nusantara PGRI Kediri
  • Rizka Clarissa Universitas Nusantara PGRI Kediri

DOI:

https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25107

Keywords:

Modul Ajar; Numerasi; Mata Pelajaran Non-Matematika

Abstract

Pengembangan numerasi dapat dilakukan melalui pembelajaran yang mempraktikkan numerasi dalam kehidupan sehari-hari. Integrasi numerasi dalam mata pelajaran non-matematika dapat meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah nyata. Pelatihan ini bertujuan untuk membimbing guru menyusun modul ajar inovatif yang mengintegrasikan kegiatan penguatan numerasi pada mata pelajaran non-matematika untuk meningkatkan kemampuan numerasi peserta didik di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Bendet Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang. Yang menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah sepuluh guru-guru di SDN Bendet. Metode pelatihan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu; persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa guru telah mampu menyusun modul ajar yang mengintegrasikan kegiatan numerasi pada mapel Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial, dan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selanjutnya guru juga mampu menerapkan perencanaan integrasi kegiatan numerasi yang telah disusun dalam proses pembelajaran nyata di kelas. Disarankan kepada SDN Bendet untuk mendorong guru-guru yang lain untuk menyusun modul ajar mapel non-matematika yang lain yang mengintegrasikan kegiatan numerasi dan selanjutnya juga dapat mengimbaskannya pada sekolah-sekolah yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. Adding it up: Helping children understand math. National Academy Press, 2001.

[2] NCTM (National Council of Teachers of Mathematics). Principles and standards for school mathematics. NCTM, 2000.

[3] Kemendikbud Dirjend PAUD DIKDAS dan DIKMEN. Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2021.

[4] Schoenfeld, A. H . Making mathematics work. National Academy Press. 2002.

[5] Hiebert, J., & Wearne, D. Instructional tasks, classroom discourse, and students' learning in second-grade arithmetic. American Educational Research Journal, 30(2), 393-425, 1993.

[6] Greer, B. The growth of mathematical understanding. Journal of Mathematical Behavior, 23(2), 137-154, 2004.

[7] Niss, M. Aspects of the concept of 'key competencies' in mathematics education. For the Learning of Mathematics, 19(2), 2-11, 1999.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-06-29

Issue

Section

Articles

How to Cite

Pengembangan Modul Ajar Inovatif: Integrasi Kegiatan Penguatan Numerasi pada Mata Pelajaran Non-Matematika. (2025). Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 1-15. https://doi.org/10.29407/dimastara.v4i2.25107

Similar Articles

1-10 of 23

You may also start an advanced similarity search for this article.