Main Article Content
Abstract
Pandemi covid 19 memberikan dampak disemua bidang salah satunya yaitu bidang pedidikan. Dampak utama bidang pendidikan yaitu siswa harus belajar dirumah dengan sistem belajar jarak jauh, hal ini menjadi kesulitan tersendiri bagi guru dan siswa bagi sekolah. Profesional guru benar-benar di uji di masa pandemi saat ini, dimana kompetensi siswa harus tetap meningkat walau dengan sistem pembelajaran yang berbeda. Guru-guru pada MTs Hidayatul Muta’allimin belum terbiasa dengan pembelajaran jarak jauh, sehingga yan dilakukan selama ini adalah membuat grub WA untuk menyampaikan tugas dari dan mengumpulkan tugas dari siswa. Sehingga pembelajaran terasa kurang bermakna.Tujuan kegiatan PKM ini adalah: 1) memberikan pelatihan bagi guru- guru untuk membuat media pembelajaran berbasis IT yang komunikatif; 2) melakukan pelatihan sosialisasi pembelajaran online yang mudah dilakukan dan komunikatif; 3) mencetak guru yang lebih profesional dan berkompeten.
Keywords
Article Details
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0
References
- Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29–40.
- Dwiyansaputra, R., Wijaya, I. G. P. S., Bimantoro, F., Nugraha, G. S., & Aranta, A. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Zoom Untuk Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 10 Cakranegara. Jurnal Begawe Teknologi Informasi (JBegaTI), 2(1).
- Kurniawan, H., & Syahputra, D. A. (2013). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN JARAK JAUH SEBAGAI MEDIA TAMBAHAN PENDUKUNG PROSES BELAJAR DAN MENGAJAR. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 3(1), 3–5.
- Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 3, 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
- Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi virus corona covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.
- Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 76, 71–76. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034
- Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar.