Pelatihan Canva Untuk Meningkatkan Kompetensi Desain Digital Pemuda dan UMKM di Desa 3D
DOI:
https://doi.org/10.29407/dimastara.v5i1.27101Keywords:
Canva, Kompetensi Digital, Pemuda Desa, UMKMAbstract
Perkembangan teknologi digital menuntut pemuda dan pelaku UMKM untuk mampu beradaptasi dalam memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi dan pemasaran, namun keterbatasan keterampilan desain grafis masih menjadi kendala utama dalam meningkatkan daya saing produk lokal. kegiatan Pengabdian Masyarakat dapat dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi desain digital pemuda dan UMKM di Desa 3D melalui pelatihan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan, penyusunan modul pelatihan, pelaksanaan workshop Canva, pendampingan praktik, serta evaluasi melalui latihan membuat desain dengan canva. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, tes keterampilan, dan dokumentasi hasil karya peserta. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat desain digital secara mandiri dengan aplikasi canva, tersedia konten promosi produk UMKM berbasis Digital, serta terbentuk ekosistem kolaborasi pemuda sebagai motor penggerak digitalisasi desa. kegiatan ini dapat mendukung transformasi digital di tingkat lokal dan mendorong peningkatan daya saing UMKM di era ekonomi kreatif.
Downloads
References
[1] J. P. M. M. (JPMM), “Akselerasi Inovasi Digital UMKM dengan Pemanfaatan Canva untuk Branding & Inovasi Berkelanjutan ( SDGs 9 ),” vol. 1, no. 2, pp. 85–91, 2025, doi: 10.55123/samamas.
[2] H. Chandra et al., “Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat dalam Merancang Produk UMKM,” Abdimas Awang Long, vol. 7, no. 2, pp. 2776–3757, 2024.
[3] M. I. Fifaldyovan, S. M. Dewi, and R. D. Astuti, “Pelatihan Canva untuk Optimalisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM,” Potensi, vol. 1, no. 4, pp. 81–87, 2024.
[4] K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 291, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6434.
[5] P. Karang, T. Di, D. Genilangit, and K. Magetan, “Jurnal SCS ,” vol. 4, pp. 20–29, 2024.
[6] N. Laziva and M. Q. Atieq, “Studi Literatur Digitalisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Era Masyarakat 5.0: Strategi dan Faktor,” Magister Manaj. Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Tanjungpura, vol. 7, pp. 1050–1079, 2024.
[7] P. Permatasari et al., “Pendampingan Pelaku Usaha UMKM Makanan dalam Meningkatkan Promosi Digital Melalui Penggunaan Canva pada Bentoday Jakarta Barat Empowering Food MSME Entr epreneurs to Improve Digital Marketing Through the Use of Canva : A Case Study at BentoDay , West Jaka,” vol. 5, 2025.
[8] Y. Purwati and L. Perdanawanti, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya,” J. Pengabdi. Mitra Masy., vol. 1, no. 1, pp. 42–51, 2019.
[9] Rafi Purwa Syahputra, Salma Nabila, K. Jannatuzzahra, and Amalia Anjani Arifiyanti, “Pemanfaatan Canva Sebagai Alat Pengembangan Kreativitas Remaja Dalam Mewujudkan Generasi Muda Yang Kreatif dan Inovatif: Studi Kasus KKN di SMPN 32 Surabaya,” Nusant. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 51–63, 2023, doi: 10.55606/nusantara.v4i1.2291.
[10] Saifudin, Mohammad Habibi, Juariah, and Muhammad Imam Tauhid, “Strategi Pemberdayaan Pemuda melalui Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Sidoarjo,” Ekosiana J. Ekon. Syari ah, vol. 11, no. 2, pp. 115–131, 2024, doi: 10.47077/ekosiana.v11i2.514.
[11] S. B. Z. Zettira, N. A. Febrianti, Z. A. Anggraini, M. A. W. Prasetyo, and E. Tripustikasari, “Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” J. Abdimas Prakasa Dakara, vol. 2, no. 2, pp. 99–105, 2022, doi: 10.37640/japd.v2i2.1524.
[12] L. D. Siregar, H. F. Mavilinda, Z. Zunaidah, and W. Farla, “Peningkatan Kompetensi Manajemen Sdm Umkm Berbasis Ekonomi Kreatif Pada Umkm Songket Desa Muara Penimbung Ilir,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 5, pp. 4065–4071, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i5.10553.
[13] S. Sukanti, “Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2014, doi: 10.21831/jpai.v6i1.1786.
[14] Y. SUryana and R. R. Garvera, “Optimalisasi Pengembangan UMKM Berbasis Digitalisasi Oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Banjar,” Wacana J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit. Interdisiplin, vol. 11, no. 2, pp. 687–691, 2024.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Hak cipta atas artikel apa pun dipegang oleh penulisnya.
- Penulis memberikan jurnal, hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya dengan pengakuan atas kepenulisan dan publikasi awal karya tersebut dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan dari publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena hal itu dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
- Artikel dan materi terkait yang diterbitkan didistribusikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0


