Pelatihan Canva Untuk Meningkatkan Kompetensi Desain Digital Pemuda dan UMKM di Desa 3D

Authors

  • Didik Eko Rusmanto Universitas Gresik
  • Erixzen Shena Putra Eswono Universitas Gresik
  • Zahrotur Rofi’ah Universitas Gresik

DOI:

https://doi.org/10.29407/dimastara.v5i1.27101

Keywords:

Canva, Kompetensi Digital, Pemuda Desa, UMKM

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut pemuda dan pelaku UMKM untuk mampu beradaptasi dalam memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi dan pemasaran, namun keterbatasan keterampilan desain grafis masih menjadi kendala utama dalam meningkatkan daya saing produk lokal. kegiatan Pengabdian Masyarakat dapat dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi desain digital pemuda dan UMKM di Desa 3D melalui pelatihan aplikasi Canva. Metode pelaksanaan meliputi analisis kebutuhan, penyusunan modul pelatihan, pelaksanaan workshop Canva, pendampingan praktik, serta evaluasi melalui latihan membuat desain dengan canva. Data dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, tes keterampilan, dan dokumentasi hasil karya peserta. Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini untuk meningkatkan keterampilan peserta dalam membuat desain digital secara mandiri dengan aplikasi canva, tersedia konten promosi produk UMKM berbasis Digital, serta terbentuk ekosistem kolaborasi pemuda sebagai motor penggerak digitalisasi desa. kegiatan ini dapat mendukung transformasi digital di tingkat lokal dan mendorong peningkatan daya saing UMKM di era ekonomi kreatif.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract views: 1 , pdf downloads: 1

References

[1] J. P. M. M. (JPMM), “Akselerasi Inovasi Digital UMKM dengan Pemanfaatan Canva untuk Branding & Inovasi Berkelanjutan ( SDGs 9 ),” vol. 1, no. 2, pp. 85–91, 2025, doi: 10.55123/samamas.

[2] H. Chandra et al., “Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Keterampilan Masyarakat dalam Merancang Produk UMKM,” Abdimas Awang Long, vol. 7, no. 2, pp. 2776–3757, 2024.

[3] M. I. Fifaldyovan, S. M. Dewi, and R. D. Astuti, “Pelatihan Canva untuk Optimalisasi Digital Marketing bagi Pelaku UMKM,” Potensi, vol. 1, no. 4, pp. 81–87, 2024.

[4] K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 291, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6434.

[5] P. Karang, T. Di, D. Genilangit, and K. Magetan, “Jurnal SCS ,” vol. 4, pp. 20–29, 2024.

[6] N. Laziva and M. Q. Atieq, “Studi Literatur Digitalisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di Era Masyarakat 5.0: Strategi dan Faktor,” Magister Manaj. Fak. Ekon. dan Bisnis Univ. Tanjungpura, vol. 7, pp. 1050–1079, 2024.

[7] P. Permatasari et al., “Pendampingan Pelaku Usaha UMKM Makanan dalam Meningkatkan Promosi Digital Melalui Penggunaan Canva pada Bentoday Jakarta Barat Empowering Food MSME Entr epreneurs to Improve Digital Marketing Through the Use of Canva : A Case Study at BentoDay , West Jaka,” vol. 5, 2025.

[8] Y. Purwati and L. Perdanawanti, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Anggota Komunitas Ibu Profesional Banyumas Raya,” J. Pengabdi. Mitra Masy., vol. 1, no. 1, pp. 42–51, 2019.

[9] Rafi Purwa Syahputra, Salma Nabila, K. Jannatuzzahra, and Amalia Anjani Arifiyanti, “Pemanfaatan Canva Sebagai Alat Pengembangan Kreativitas Remaja Dalam Mewujudkan Generasi Muda Yang Kreatif dan Inovatif: Studi Kasus KKN di SMPN 32 Surabaya,” Nusant. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 51–63, 2023, doi: 10.55606/nusantara.v4i1.2291.

[10] Saifudin, Mohammad Habibi, Juariah, and Muhammad Imam Tauhid, “Strategi Pemberdayaan Pemuda melalui Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Sidoarjo,” Ekosiana J. Ekon. Syari ah, vol. 11, no. 2, pp. 115–131, 2024, doi: 10.47077/ekosiana.v11i2.514.

[11] S. B. Z. Zettira, N. A. Febrianti, Z. A. Anggraini, M. A. W. Prasetyo, and E. Tripustikasari, “Pelatihan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Kreativitas Desain Promosi Usaha Mikro Kecil dan Menengah,” J. Abdimas Prakasa Dakara, vol. 2, no. 2, pp. 99–105, 2022, doi: 10.37640/japd.v2i2.1524.

[12] L. D. Siregar, H. F. Mavilinda, Z. Zunaidah, and W. Farla, “Peningkatan Kompetensi Manajemen Sdm Umkm Berbasis Ekonomi Kreatif Pada Umkm Songket Desa Muara Penimbung Ilir,” JMM (Jurnal Masy. Mandiri), vol. 6, no. 5, pp. 4065–4071, 2022, doi: 10.31764/jmm.v6i5.10553.

[13] S. Sukanti, “Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas,” J. Pendidik. Akunt. Indones., vol. 6, no. 1, pp. 1–11, 2014, doi: 10.21831/jpai.v6i1.1786.

[14] Y. SUryana and R. R. Garvera, “Optimalisasi Pengembangan UMKM Berbasis Digitalisasi Oleh Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Banjar,” Wacana J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit. Interdisiplin, vol. 11, no. 2, pp. 687–691, 2024.

Downloads

PlumX Metrics

Published

2025-12-10

How to Cite

Pelatihan Canva Untuk Meningkatkan Kompetensi Desain Digital Pemuda dan UMKM di Desa 3D. (2025). Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 5(1), 46-60. https://doi.org/10.29407/dimastara.v5i1.27101

Similar Articles

1-10 of 46

You may also start an advanced similarity search for this article.