Penerapan Strategi STP Untuk Meningkatkan Komptensi Kepala Sekolah dan Guru Pada Tata Kelola Gugus PAUD VI
##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Abstract
Dewasa ini kebutuhan peningkatan kompetensi kepala sekolah dan guru sangat penting diperlukan guna menunjang kemajuan organisasi khususnya pada lembaga PAUD. Dalam kegiatan ini, kami selaku team kegiatan pengabdian masyarakat melakukan kegiatan ke lembaga PAUD Gugus VI kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Dalam kegiatan ini kami memberikan sasaran pada perihal kompentensi kepala sekolah dan guru, Penerapan Strategi STP, Peningkatan Tata Kelola Lembaga bidang Marketing. Metode yang digunakan oleh tim pengabdian ini yaitu berupa pengarahan, pelatihan, pendampingan dan evaluasi. Dari hasil evaluasi tim pengabdian masyarakat bahwa Lebih lanjut kami berharap pada kesempatan lain, organisasi PAUD GUGUS VI dapat mengambil langkah khusus terkait tindak lanjut apa yang sudah kami berikan hingga dapat meningkatkan kemajuan organisasi hingga diperoleh keberhasilan pada bidang kompentensi SDM, Penerapan Strategi STP dan Marketing
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
-
[1] Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, PANDUAN PRAKTIS PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2019
[2] Tiris Sudrartono, Agus Supandi Soegoto dkk Manajemen Pemasaran Jasa, Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.
[3] Arcaro., Jerome, Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-Prinsip Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2007
[4] Sagala., Syaiful, Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. 2010
[5] Sudjana.,Nana, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru Algensindo. 2005
[6] Lestari E, S Aliami, PY Leksono, “Performa Segmenting Targeting Dan Positioning Untuk Mempertahankan Mind Share Pada Produk Bolu Kering Mak Plengeh UD Wahyu Jaya Kota Kediri”. Efektor 9 (2), 248-254, 2022
[7] Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budya Mutu. Malang: UIN Maliki Press. 2010
[8] Anwar, M, “Analisis Kepemimpinan Manajerial Kepala Paud Fajar Berkah Bagik Lonjer Desa Rensing Kec. Sakra Barat”. Khatulistiwa, 1(2), 30-39. 2020
[9] Wijaya and Sirine, “Strategi Segmenting, Targeting, Positioning Serta Strategi Harga Pada Perusahaan Kecap Blekok Di Cilacap”, Ajie, vol. 1, no. 3, pp. 175–190, 2016
[10] Criestiana Hariyanto. “Segmentasi Dan Positioning Perguruan Tinggi Swasta Di Surabaya”, Jurnal Wima, Volume 4, Nomor 2. 2018.
[11] Luluk. Syafitri, “IMPLEMENTASI STRATEGI STP (SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING) DI KB-TK KHADIJAH SURABAYA,” Liq. ryst., vol. 21, no. 1, http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/52557 pp. 1–17. 2020
[12] Sephy Lavianto, “ANALISIS STP (SEGMENTATION, TARGETING, POSITIONING) PADA LEMBAGA PENDIDIKAN XYZ”, JINTEKS (Jurnal Informatika Teknologi dan Sains) Vol. 4 No. 1, hlm. 59 – 64. 2022
[13] Aliyanti, Tika Novi, “Penerapan Strategi STP (Segmentasi, Targeting, Positioning) di PT. Mina Wisata Islami Surabaya”, UIN Sunan Ampel Surabaya. 2019
[14] Urul ’Aini, R. A. “Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Lembaga Pendidikan Islam: Strategi Segmentasi, Targeting Dan Positioning (STP) Lembaga Pendidikan Islam”. Jurnal Ats-Tsaqofi, 2(1), 23-42.2020
[15] Aris Nurbawani, “Strategi Kepala Sekolah Dalam Pemasaran Jasa Pendidikan di Lembaga Pendidikan Baru Pada Era Marketing 4.0 (Studi Kasus di SMK BP Subulul Huda)”, Southeast Asian Journal of Islamic Education Management Vol. 2 No. 1,pp 52-73 https://sajiem.iainponorogo.ac.id/sajiem, 2021
[16] Atika, Imam Machali, “Segmentasi dan Positioning Jasa Pendidikan di MAN Yogyakarta III”. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 1, Nomor 2 h. 153, November 2016.